Institusion
Universitas Kristen Maranatha
Author
Kurnia A., Regi (1161045)
Subject
NX Arts in general
Datestamp
2015-01-30 03:35:02
Abstract :
Happy Go Ducky adalah judul yang diambil untuk koleksi rancangan busana ready-to-wear
ini. Happy Go Ducky memiliki makna to be cheerful about most all things yang dalam
bahasa Indonesia berarti, menjadi bahagia atau gembira dalam segala hal. Happy Go Ducky
merupakan koleksi rancangan hasil inspirasi karya seni Rubber Duck yang diciptakan oleh
seniman asal Belanda, Florentijn Hofman.
Rubber Duck adalah salah satu karya seni yang diciptakan oleh seniman Florentijn Hofman.
Tujuan dari pembuatan karya seni Rubber Duck adalah keinginan seniman untuk menghibur
dunia dengan cara membawa kembali kenangan melalui mainan Rubber Duck yang dikenal
oleh sebagian besar masyarakat dunia sebagai mainan yang identik dengan masa kecil
sehingga menciptakan kesan nostalgia.
Tahapan produksi dimulai dengan proses pengerjaan pola busana yang terdiri dari 4 busana
dan proses pengerjaan beberapa motif digital print yang digunakan, setelahnya adalah proses
penjahitan serta obras lalu diakhiri dengan proses finishing yaitu fitting, revisi, dan lain-lain.
Penggunaan teknik digital printing dengan motif potret Rubber Duck, diharapkan bisa
menjadikan koleksi rancangan ini memiliki kesan Fun dan nostalgia pada konsumen.
Koleksi ini dibuat untuk wanita berusia 20 ? 27 tahun pada kelas menengah-atas, Busana ini
diharapkan bisa memberikan kesan karakter Fun dalam konsep dewasa, berani, dan tegas.
Rubber Duck ditujukkan untuk wanita yang ingin menarik perhatian dengan cara yang tidak
biasa, layaknya penggunaan warna-warna tegas seperti biru, oranye dan kuning, maupun
motif-motif digital print besar dan tidak biasa, dengan garis desain minimalis. Bahan yang
digunakan adalah bahan satin bridal. Koleksi ini dibuat sebagai bagian dari busana sehari
hari yang bisa di padu padankan dengan pakaian lain sesuai selera. Rancangan busana ini,
ditujukan untuk acara-acara non formal, seperti untuk acara keluarga, pesta, jalan-jalan, dan
acara-acara dimana konsumen menginginkan tampilan berbeda.