DETAIL DOCUMENT
PERANCANGAN PROTOTYPE APLIKASI PEMBELAJARAN MEMBACA AL-QURAN MENGGUNAKAN METODE DOUBLE DIAMOND UNTUK ANAK-ANAK USIA 5-12 TAHUN
Total View This Week0
Institusion
Sekolah Tinggi Teknologi Terpadu Nurul Fikri
Author
HAFIZ, ABDULLAH
Subject
000 Ilmu komputer, informasi dan pekerjaan umum 
Datestamp
2024-09-04 02:30:32 
Abstract :
Sebagai umat beragama Islam mempelajari Al-Quran adalah sebuah kewajiban. Belajar membaca Al-Quran harus mulai diterapkan pada usia dini. Pada masa kini anak-anak usia 5-12 tahun sedikit sekali yang dapat membaca Al-Quran, bahkan belajar membaca Al-Quran pun tidak pernah. Minat anak-anak dalam mempelajari membaca Al-Quran sangat rendah, karena tidak ada motivasi didalam dirinya, lingkungan yang kurang baik dan sikap orang tua yang tidak membimbing anak-anak untuk memulai membaca Al-Quran. Penelitian ini bertujuan untuk merancang aplikasi prototype pembelajaran membaca Al-Quran yang sesuai dengan kebutuhan pengguna. Penelitian ini menggunakan metode Double Diamond dengan 4 tahapan yaitu, Discover, Define, Develop dan Deliver. Menggunakan metode User Experience Questionnaire (UEQ) untuk menguji kefektifan prototype aplikasi pembelajaran membaca Al-Quran. Hasil dari pengujian tersebut adalah prototype aplikasi pembelajaran membaca Al-Quran mendapatkan respon positif dari pengguna, terutama anak-anak usia 5-12 tahun. Hal ini didukung oleh hasil benchmark yang menunjukkan bahwa keenam dimensi dari pengujian UEQ menunjukkan nilai di atas rata-rata dengan uraian sebagai berikut: daya tarik 2.28, kejelasan 1.60, efisiensi 2.27, ketetapan 2.19, stimulasi 2.31 dan kebaruan 2.63. Kata kunci : Pembelajaran Menbaca Al-Quran, Prototype, Double Diamond, User Experience Questionnaire 
Institution Info

Sekolah Tinggi Teknologi Terpadu Nurul Fikri