DETAIL DOCUMENT
ANALISIS PREDIKSI PENJUALAN MOBIL WHOLESALE DI INDONESIA DENGAN PENDEKATAN KATEGORI BRAND MENGGUNAKAN MODEL REGRESI LINEAR
Total View This Week0
Institusion
Sekolah Tinggi Teknologi Terpadu Nurul Fikri
Author
LAILY, EVYLIA YANUAR
Subject
000 Ilmu komputer, informasi dan pekerjaan umum 
Datestamp
2024-09-05 01:47:32 
Abstract :
Tugas Akhir ini membahas tentang industri otomotif yang semakin berkembang pesat, yang menyebabkan adanya persaingan antar perusahaan mobil. Persaingan tersebut juga menyebabkan beberapa perusahaan tidak kuat melawan kompetitor, sehingga perusahaan tersebut gulung tikar akibat kurangnya inovasi dalam memproduksi mobil. Oleh karena itu, sebelum perusahaan melakukan produksi dengan jumlah yang besar, perlu dilakukan analisis terhadap penjualan mobil terlebih dahulu, agar jumlah biaya yang dikeluarkan tidak berlebihan. Analisis dilakukan terhadap data penjualan mobil wholesale di Indonesia dengan pendekatan kategori brand mobil dari data sekunder GAIKINDO (Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia). Data tersebut diolah untuk mendapatkan faktor yang menjadi peningkatan volume penjualan, sehingga perusahaan produsen mobil dapat mempertimbangkan pembuatan model dengan spesifikasi yang banyak diminati. Selain itu, data yang sudah dikelompokkan dianalisis untuk mencari penjualan tertinggi, sehingga mendapatkan brand mobil dengan penjualan tertinggi, juga mendapatkan tipe mobil yang paling diminati, serta model mobil yang paling banyak terjual pada tahun 2019. Lalu dilakukan pemodelan dengan model regresi linear sehingga mendapatkan prediksi penjualan pada tahun 2024 sebanyak 1.040.236 dan 2025 sebesar 1.086.840. Kemudian dilakukan pengujian menggunakan R2 dengan Tingkat keakuratan model 67% dengan artian keakuratan prediksi dengan model regresi linear ini sudah baik. Kata kunci: Analisis Data, Prediksi, Regresi Linear, Penjualan Mobil, Merek Mobil 
Institution Info

Sekolah Tinggi Teknologi Terpadu Nurul Fikri