Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh model pembelajaran project based learning berbantuan media canva terhadap hasil belajar siswa dalam materi menulis teks eksposisi kelas X MA Ma?arif NU Paguyangan. Populasi yang digunakan pada penelitian ini adalah siswa kelas X MA Ma?arif NU Paguyangan. Sampel pada penelitian ini adalah siswa kelas X MA Ma?arif NU Paguyangan sejumlah 24 siswa. Teknik sampling yang digunakan adalah sampling jenuh dikarenakan populasi yang relatif kecil kurang dari 30 orang. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan menggunakan metode eksperimen dengan desain pre- experimental design one-shot case study. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, tes akhir, dan dokumentasi. Instrumen pengumpulan data menggunakan 10 soal pilihan ganda dan 3 soal esai, dokumentasi berupa foto pada saat pelaksanaan penelitian. Teknik analisis data dengan menggunakan uji normalitas dengan menggunakan metode Shapiro-Wilks dan uji regresi lienier sederhana. Hasil penelitian menunjukkan adanya pengaruh model pembelajaran project based learning berbantuan media Canva terhadap hasil belajar siswa dalam materi menulis teks eksposisi kelas X MA Ma?arif NU Paguyangan sebesar 17,8%.