DETAIL DOCUMENT
PENGEMBANGAN E-MODUL PROTEKS BERBASIS FLIPBOOK DENGAN PENDEKATAN CONTEKSTUAL TEACHING AND LEARNING SEBAGAI BAHAN AJAR DI SMK MUHAMMADIYAH PAGUYANGAN
Total View This Week0
Institusion
Universitas Peradaban
Author
ARIFIN, Akhmad
Subject
371.3 Metode dan Model Pembelajaran, Media Pembelajaran, Kegiatan Belajar Mengajar 
Datestamp
2025-03-10 04:51:43 
Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan, menguji kevalidan dan kepraktisan e-modul proteks berbasis flipbook dengan pendekatan contekstual teaching and learning. Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan (R&D) model ADDIE 4 tahapan dari Hamzah. Subjek penelitian adalah siswa kelas XI RPL 1 SMK Muhammadiyah Paguyangan berjumlah 20 siswa. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, angket, dan dokumen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa e-modul layak dan valid berdasarkan uji validasi oleh ahli materi dengan perolehan skor 80 dengan persentase 88,8 % termasuk kedalam kategori valid. Penilaian dari ahli media memperoleh skor 80 dengan persentase 88,8 % termasuk ke dalam kategori baik, dan penilaian dari ahli bahasa memperoleh skor 55 dengan persentase 91,6 % termasuk kedalam kategori sangat baik. Hasil uji kepraktisan oleh siswa terhadap e-modul pada indikator kemudahan penggunaan memperoleh skor 413 dengan persentase 86% termasuk kategori sangat praktis. Pada indikator efisisensi memperoleh skor 355 dan jika dipersentasekan menjadi 88,75% termasuk pada kategori sangat praktis. Pada indikator daya tarik memperoleh skor 210 dan jika dipersentasekan menjadi 83% termasuk kategori sangat praktis. Total keseluruhan dari ketiga indikator tersebut memperoleh persentase sebesar 85,91% dengan kategori sangat praktis. 
Institution Info

Universitas Peradaban