Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan, menguji kevalidan dan kepraktisan e-modul proteks berbasis flipbook dengan pendekatan contekstual teaching and learning. Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan (R&D) model ADDIE 4 tahapan dari Hamzah. Subjek penelitian adalah siswa kelas XI RPL 1 SMK Muhammadiyah Paguyangan berjumlah 20 siswa. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, angket, dan dokumen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa e-modul layak dan valid berdasarkan uji validasi oleh ahli materi dengan perolehan skor 80 dengan persentase 88,8 % termasuk kedalam kategori valid. Penilaian dari ahli media memperoleh skor 80 dengan persentase 88,8 % termasuk ke dalam kategori baik, dan penilaian dari ahli bahasa memperoleh skor 55 dengan persentase 91,6 % termasuk kedalam kategori sangat baik. Hasil uji kepraktisan oleh siswa terhadap e-modul pada indikator kemudahan penggunaan memperoleh skor 413 dengan persentase 86% termasuk kategori sangat praktis. Pada indikator efisisensi memperoleh skor 355 dan jika dipersentasekan menjadi 88,75% termasuk pada kategori sangat praktis. Pada indikator daya tarik memperoleh skor 210 dan jika dipersentasekan menjadi 83% termasuk kategori sangat praktis. Total keseluruhan dari ketiga indikator tersebut memperoleh persentase sebesar 85,91% dengan kategori sangat praktis.