Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi dan mengevaluasi implementasi pembelajaran membaca puisi yang diajarkan pada kelas X di SMA Negeri 1 Bumiayu. Jenis penelitian ini adalah evaluasi program dengan menggunakan model CIPP dan pendekatan metode kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, kuesioner, dan dokumen. Instrumen pengumpulan data dengan instrumen observasi, wawancara, angket, dan dokumen. Teknik analisis data dimulai dengan pengumpulan data, data di reduksi, penyajian data, dan terakhir ditarik kesimpulan. Hasil penelitian yang diperoleh dari observasi dan wawancara menunjukan (1) komponen konteks diperoleh hasil tentang kebutuhan program pembelajaran membaca puisi kelas X, tujuan program pembelajaran, regulasi pemerintah, dan kebijakan sekolah terkait program pembelajaran, (2) komponen masukan diperoleh hasil karakteristik siswa dan guru Bahasa Indonesia kelas X, (3) komponen proses diperoleh hasil tahapan pelaksanaan pembelajaran, tahapan praktik, sumber belajar yang digunakan, dan penilaian penugasan praktik membaca puisi, dan (4) komponen produk diperoleh kesesuaian pembelajaran dengan hasil capaian pembelajaran membaca puisi di kelas X. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh rekomendasi yang dapat dijadikan sebagai bahan pertimbangan perbaikan pembelajaran membaca puisi kelas X bagi sekolah, guru, dan siswa kelas X di SMA Negeri 1 Bumiayu, antara lain (1) rekomendasi bagi sekolah meliputi pengadaan perpustakaan digital yang belum tersedia di sekolah dan pengadaan kembali kegiatan sastrawan masuk sekolah, (2) rekomendasi bagi guru meliputi pemanfaatan pembelajaran berdiferensiasi, pemanfaatan penggunaan perangkat teknologi berupa media sosial, memperkaya sumber belajar, dan penguatan kemampuan membaca puisi siswa melalui pelatihan secara sederhana, (3) rekomendasi bagi siswa meliputi peningkatan pemahaman makna pada puisi yang dibacakan dan penguatan kepercayaan diri.