Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi dan menganalisis implementasi kompetensi guru penggerak dalam pembelajaran Bahasa Indonesia materi puisi rakyat yang diajarkan pada kelas VII di SMP Negeri 1 Bantarkawung. Jenis penelitian ini menggunakan kualitatif deskriptif dengan pendekatan studi kasus. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumen. Hasil penelitian yang diperoleh dari observasi, wawancara dengan waka kurikulum, dan guru penggerak SMP Negeri 1 Bantarkawung menunjukan bahwa pada kompetensi guru penggerak yaitu (1) mengembangkan diri beserta orang lain, memimpin proses kegiatan pembelajaran, memimpin pengembangan sekolah, dan memimpin manajemen sekolah, (2) faktor pendukung diperoleh hasil konten, proses, produk, lingkungan belajar, dan faktor penghambat diperoleh hasil tentang waktu dan persiapan dalam merencanakan dan menyusun pembelajaran, manajemen kelas, evaluasi dan penilaian, dan pengembangan profesional, dan (3) upaya yang dilakukan guru penggerak dalam mencapai keberhasilan pembelajaran berdiferensiasi pada materi puisi rakyat diperoleh hasil merumuskan tujuan pembelajaran, memahami kebutuhan siswa, memilih model pembelajaran, menciptakan lingkungan belajar yang kondusif, memberikan umpan balik, dan berkolaborasi dengan orang tua. Hasil ini dapat diartikan bahwa guru penggerak telah berhasil menerapkan kompetensi dalam pembelajaran berdiferensiasi pada materi puisi rakyat.