DETAIL DOCUMENT
ANALISIS PENGARUH DESAIN PRODUK, DIGITAL MARKETING, ELECTRONIC WORD OF MOUTH (E-WOM) DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN ABATA PRINTING PURWOKERTO
Total View This Week0
Institusion
Universitas Peradaban
Author
AZIZAH, Wafiq Nur
Subject
Manajemen Pemasaran dan Penjualan, Rencana Pemasaran, Hubungan Pelanggan 
Datestamp
2025-02-15 05:03:38 
Abstract :
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif yang bertujuan untuk mengetahui dan menguji analisis pengaruh desain produk, digital marketing, electronic word of mouth dan kualitas produk terhadap kepuasan pelanggan Abata Printing. Persaingan dalam bisnis di dunia digital semakin ketat, baik bisnis baru maupun perusahaan besar mereka berlomba-lomba memberikan pelayanan terbaik untuk pelanggan. Bisnis digital memiliki potensi yang besar dan merupakan bisnis menjanjikan yang diharapkan akan terus berkembang di masa mendatang. Rencana yang seharusnya direalisasikan dalam waktu 2 hingga 5 tahun ke depan secara mendadak harus selesai dalam hitungan bulan jika bisnis ingin terus bertahan. Hal tersebut menjadi tanda pentingnya membangun bisnis digital untuk segala macam produk, termasuk produk konvensional. Kemajuan zaman dan teknologi telah membawa masa depan yang cerah bagi industri percetakan digital. Tantangan teknologi memungkinkan orang membuat desain yang menarik. Hal ini membuat bisnis digital printing semakin diminati. Penelitian ini menggunakan 4 variabel independen yaitu desain produk, digital marketing, electronic word of mouth dan kualitas produk. Populasi penelitian adalah 120 pelanggan yang pernah menggunakan produk/jasa Abata Printing, dengan jumlah sampel sebanyak 96 responden. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik non probability sampling dengan menggunakan metode confidence level. Data penelitian dikumpulkan dengan menyebar kuesioner kepada 96 responden secara online dengan teknik analisis data menggunakan analisis regresi linier berganda dengan bantuan SPSS 24. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel desain produk dan electronic word of mouth (e-wom) tidak berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan. Sedangkan variabel digital marketing dan kualitas produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan. 
Institution Info

Universitas Peradaban