DETAIL DOCUMENT
MARKET BASKET ANALYSIS (MBA) MENGGUNAKAN ALGORITMA APRIORI UNTUK MENGETAHUI POLA TRANSAKSI KONSUMEN ( Studi Kasus: ABATA PRINTING BUMIAYU)
Total View This Week0
Institusion
Universitas Peradaban
Author
SHOLAH, Abdul
Subject
Prinsip Matematika dalam Ilmu Komputer; Algoritma Komputer 
Datestamp
2025-02-03 04:51:09 
Abstract :
Sebagai bisnis baru Abata Printing Bumiayu membutuhkan strategi pemasaran yang tepat untuk dapat menarik banyak konsumen, selama ini pemanfaatan data transaksi penjualan pada perusahaan tersebut hanya disimpan sebagai arsip. Padahal, data tersebut dapat dimanfaatkan dan diolah menjadi informasi yang berguna untuk peningkatan penjualan produk salah satunya dengan memperhatikan pola barang yang dibeli oleh konsumen agar dapat diketahui dengan market basket analysis. Market basket analysis (MBA) merupakan salah satu penggunaan teknik asosiasi yang digunakan untuk menemukan kelompok- kelompok barang yang terjadi secara bersamaan dalam suatu transaksi. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa keranjang belanja untuk mengetahui pola transaksi konsumen di Abata Printing Bumiayu menggunakan Algoritma Apriori. Penggunaan metode data mining Algoritma Apriori untuk menganalisis perilaku pola pembelian konsumen yang menghasilkan kaidah asosiasi dan mengetahui seberapa kuat suatu item mempengaruhi item yang lainnya. Dari hasil analisis dan pengujian yang telah dilakukan menggunakan data transaksi Abata Printing Bumiayu dari bulan Agustus 2021-Juni 2023 dapat disimpulkan bahwa dengan parameter minimum support sebesar 40% dan minimum confidence 80% diperoleh kombinasi 3 itemset sebanyak 30 rule dengan 21 rule yang telah memenuhi nilai confidence sebesar 80%, dan 2 itemset sebanyak 16 rule yang memperoleh nilai confidence sebesar 80% sebanyak 11 rule. Hasil dari perhitungan ini diharapakan dapat membantu perusahaan dalam menentukan strategi penjualan guna meningkatkan hasil keuntungan atau laba. 
Institution Info

Universitas Peradaban