Abstract :
viii
ANISSA ANINDHITA Dosen Pembimbing :
NPM 2112000193 Irfan Polem, SE., MM
Program Studi S-1 Manajemen
PENGARUH KEPERCAYAAN, MANFAAT, KEMUDAHAN DAN
KEAMANAN TERHADAP MINAT NASABAH MENGGUNAKAN SMS
MOBILE BANKING PADA PT BANK MAYBANK INDONESIA Tbk
KCP SAMANHUDI DI JAKARTA
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh
kepercayaan, manfaat, kemudahan dan keamanan terhadap minat nasabah
menggunakan SMS Mobile Banking pada PT Bank Maybank Indonesia Tbk KCP
Samanhudi di Jakarta.
Strategi yang digunakan dalam penelitian ini adalah strategi penelitian
asosiatif kuantitatif dan Metode penelitian yang digunakan adalah survei.Populasi
sasaran pada penelitian ini adalah keseluruhan nasabah di PT Bank Maybank
Indonesia Tbk KCP Samanhudi di Jakarta. Sampel menggunakan rumus Roa
Purba, maka jumlah sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 100
responden
Berdasarkan hasil dan pembahasan menunjukkan secara parsial terdapat
pengaruh positif yang signifikan kepercayaan terhadap minat nasabah
menggunakan SMS Mobile Banking pada tingkat kepercayaan 95%. Secara parsial
terdapat pengaruh positif yang signifikan manfaat terhadap minat nasabah
menggunakan SMS Mobile Banking pada tingkat kepercayaan 95%. Secara parsial
terdapat pengaruh positif yang signifikan kemudahan terhadap minat nasabah
menggunakan SMS Mobile Banking pada tingkat kepercayaan 95%. Secara parsial
terdapat pengaruh positif yang signifikan keamanan terhadap minat nasabah
menggunakan SMS Mobile Banking pada tingkat kepercayaan 95%. Secara
simultan terdapat pengaruh positif yang signifikan kepercayaan, manfaat,
kemudahan dan keamanan terhadap minat nasabah menggunakan SMS Mobile
Banking pada tingkat kepercayaan 95%.
This study aims to determine and analyze the influence of trust, benefits,
convenience and security on customer interest using SMS Mobile Banking at PT
Bank Maybank Indonesia Tbk KCP Samanhudi in Jakarta.
The strategy used in this study is a quantitative associative research
strategy and the research method used is a survey. The target population in this
study are all customers at PT Bank Maybank Indonesia Tbk KCP Samanhudi in
Jakarta. Samples using the Roa Purba formula, the number of samples used in
this study were 100 respondents
Based on the results and discussion partially there is a significant positive
effect of trust on customer interest using SMS Mobile Banking at a 95%
confidence level. Partially there is a significant positive effect of benefits on
customer interest using SMS Mobile Banking at a 95% confidence level. Partially
there is a significant positive effect of ease on customer interest in using SMS
Mobile Banking at a 95% confidence level. Partially there is a significant positive
effect of security on customer interest in using SMS Mobile Banking at a 95%
confidence level. Simultaneously there is a significant positive effect of trust,
benefits, convenience and security on the interests of customers using SMS Mobile
Banking at a 95% confidence level.