Abstract :
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh sikap terhadap
minat berwirausaha, kreativitas terhadap minat berwirausaha dan pengetahuan
terhadap minat berwirausaha, serta mengetahui pengaruh antara sikap, kreativitas
dan pengetahuan secara bersama-sama terhadap minat berwirausaha. Dan juga
mengetahui seberapa besar presentase pengaruh sikap, kreativitas dan
pengetahuan terhadap minat berwirausaha pada Siswa/i SMK Mutiara 17 Agustus
Bekasi.
Penelitian yang dilakukan dalam penelitian ini menggunakan strategi
assosiatif. Dengan pendekatan kuantitatif. Tehnik pengambilan data dilakukan
dengan menggunakan kuesioner. Instrument pengumpulan data yang digunakan
pada penelitian ini dengan menggunakan angket. Populasi yang digunakan adalah
siswa/i tingkat akhir sebanyak 127 siswa. Penentuan sampel menggunakan rumus
slovin dengan taraf kesalahan 5 % dan berjumlah 97 sampel. Analisis data yang
digunakan dalam penelitian ini adalah Analisis Regresi Linear Berganda.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa sikap tidak mempunyai pengaruh yang
signifikan terhadap minat berwirausaha, sedangkan kreativitas dan pengetahuan
mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap minat berwirausaha. Secara
bersama-sama kreativitas dan pengetahuan mempunyai pengaruh terhadap minat
berwirausaha sebesar 31,30 % dan sisanya dipengaruhi oleh variabel lain yang
tidak diteliti dalam penelitian ini.
The purpose of this research is to know the influence of attitudes on
entrepreneurship itention, creativity on entrepreneurship itention and knowledge
on entrepreneurship itention. And to determine the influence of attitude, creativity
and knowledge together on entrepreneurship itention. Also knowing how much
percentage of attitude, creativity and knowledge in student SMK Mutiara 17
Agustus Bekasi.
This research is conducted uses associative strategies. With a quantitative
approach. Data collection techniques were carried out using questionnaire. Data
collection instruments used in this research using a questionnaire. The population
use the third class as much as 127 students. Determination of the sample using the
Slovin formula with an error level of 5 % and totalling 97 samples. Analysis of
this research use multiple linear regression analysis.
The results showed attitude has no significant effect on entrepreneurship
itention, while a creativity and knowledge have a significant effect on
entrepreneurship itention. In together creativity and knowledge have an influence
on entrepreneurship itention by 31.30% and the rest are influenced by other
variables not examined in this research