Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa kuat hubungan antara
persepsi harga, kualitas produk dan kesadaran merek terhadap keputusan
pembelian air minum merek aqua pada konsumen RW 010 Kelurahan Kebon
Bawang, Jakarta Utara.
Strategi yang digunakan dalam penelitian ini adalah strategi penelitian
asosiatif. Metoda yang digunakan dalam penelitian ini adalah metoda survei.
Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh konsumen yang tinggal dan terdata di
RW 010 Kelurahan Kebon Bawang, Jakarta Utara. Sampel dalam penelitian ini
sebanyak 100 responden (kepala keluarga) dari 10 RT yang mewakili 13 RT di
lingkungan RW 010 Kelurahan Kebon Bawang, Jakarta Utara. Metoda analisis
data yang digunakan adalah analisis koefisien determinasi dan uji hipotesis.
Berdasarkan hasil uji koefisien determinasi parsial untuk variabel persepsi
harga (X1) terhadap keputusan pembelian (Y) diperoleh nilai sebesar 19,09%.
Berdasarkan hasil uji koefisien determinasi parsial untuk variabel kualitas produk
(X2) terhadap keputusan pembelian (Y) diperoleh niliai sebesar 7,50%.
Berdasarkan hasil uji koefisien determinasi parsial untuk variabel kesadaran merek
(X3) terhadap keputusan pembelian (Y) diperoleh nilai sebesar 7,95%. Sedangkan
hasil uji koefisien determinasi berganda pengaruh persepsi harga(X1), kualitas
produk(X2), kesadaran merek (X3) terhadap keputusan pembelian (Y) sebesar
26,30%.
This study aims to determine how much influence the price, product quality
and brand awareness of mineral water ?aqua? purchasing decision in customer
RW 010 Kelurahan Kebon Bawang North Jakarta.
The strategy used in this study is an associative research strategy. The
method used in this research is survey method. Population in this research that is
all customer of RW 010 Kelurahan Kebon Bawang, North Jakarta. The sample in
this research is 100 responden (the head of family) of 10RT represent on 13RT in
RW 010 Kelurahan Kebon Bawang, North Jakarta. Data analysis method used test
of determinatin coefficient and hypothesis test.
Based on test of partial determination coefficient of price(X1) to purchase
decision (Y) obtained value equal to 19.09%. Based on the results of partial
determination coefficient test product quality (X2) on the purchase decision (Y)
obtained value of 7.50%. According to result of coefficient determination test of
partial of brand awereness (X3) to purchasing decision (Y) obtained value equal to
7.95%. While the results of multiple determination influence price, product quality
and brand awareness to the purchase decision of 26.30%