Abstract :
Tujuan dari penelitian adalah untuk mengetahui seberapa erat dan signifikan
hubungan antara faktor kebudayaan, sosial, pribadi, dan psikologi dengan keputusan
pembelian deterjen bubuk merek Rinso 50 Gram pada Rw 07 Pondok Ungu Bekasi
Barat.
Metode yang digunakan adalah metode penelitian ex-post fact. Pengambilan
sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah non probabilitas sampling dengan
teknik Purposive Sampling, yaitu penentuan sampel untuk tujuan tertentu sebanyak 90
responden. Penelitian ini menggunakan alat analisis korelasi parsial dan korelasi
berganda dengan pengujian hipotesis.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) berdasarkan uji t didapatkan hasil
bahwa secara parsial masing-masing variabel kebudayaan, sosial, pribadi, dan
psikologi memiliki hubungan positif dan signifikan dengan keputusan pembelian
deterjen bubuk merek Rinso 50 Gram pada warga Rw 07 Pondok Ungu Bekasi Barat
dengan nilai korelasi masing-masing untuk kebudayaan 0,276 (nilai signifikan sebesar
0,038 < 0,05); sosial 0,324 (nilai signifikan sebesar 0,003 < 0,05); pribadi 0,358 (nilai
signifikan sebesar 0,001 < 0,05); psikologi 0,438 (nilai signifikan sebesar 0,000<0,05).
(2) Berdasarkan analisis uji F menunjukkan bahwa secara simultan antara variabel
kebudayaan, sosial, pribadi, dan psikologi memiliki hubungan positif dan signifikan
dengan keputusan pembelian deterjen bubuk merek Rinso 50 Gram pada warga Rw 07
Pondok Ungu Bekasi Barat dengan nilai korelasi sebesar 0,632 (nilai signifikan
sebesar 0,000 < 0,05) (taraf nyata sebesar 5%).