Institusion
Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi PGRI Dewantara
Author
Devi Ayu Lestari (STUDENT ID : )
(LECTURER ID : 0713046402)
Subject
HU General Management
Datestamp
2022-12-22 02:15:26
Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui customer satisfaction memediasi pengaruh experiental marketing terhadap customer loyalty. Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif. Jenis penelitian eksplanasi (eksplanatory research). Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah nasabah PD. Bank Jombang. Teknik analisis yang digunakan meliputi uji validitas, uji reliabilitas, analisis deskriptif, analisis SEM dengan menggunakan software WarpPLS 5.0. Hasil penelitian menunjukan bahwa Experiental marketing meningkatkan kepuasan nasabah. PD. Bank Jombang memiliki Experiental marketing yang baik sehingga mendapat respon positif para nasabah hal tersebut mengidentifikasi bahwa Experiental marketing PD. Bank Jombang telah meningkatkan kepuasan nasabah. Experiental marketing mampu meningkatkan loyalitas Nasabah. PD. Bank Jombang memiliki Experiental marketing yang baik sehingga mendapat respon positif para nasabah hal tersebut mengidentifikasi bahwa Experiental marketing PD. Bank Jombang telah meningkatkan loyalitas nasabah. Dengan adanya kepuasan pelanggan yang ditunjukan dalam hasil yang baik pada indikator nasabah merasa puas dengan pelayanan PD. Bank Jombang. Hal tersebut mendapat respon positif dari nasabah, Hal tersebut mengidentifikasi bahwa semakin puas nasabah dalam menerima pelayanan yang diberikan maka akan semakin meningkatkan loyalitas Nasabah PD. Bank Jombang dan Kepuasan pelanggan memediasi Experiental marketing dengan loyalitas pelanggan, Hal tersebut dibuktikan berdasarkan hasil penelitian yang mana kepuasan pelanggan semakin baik memediasi hubungan antara Experiental marketing dengan loyalitas pelanggan dengan nilai p-value yang lebih kecil sehingga terdapat pengaruh mediasi antara variabel kepuasan pelanggan dengan loyalitas Nasabah PD. Bank Jombang
Kata Kunci : customer satisfaction, experiental marketing dan customer loyalty.