Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh secara langsung digital marketing terhadap
keputusan pembelian, citra pasar tradisional terhadap keputusan pembelian, digital marketing
terhadap word of mouth, citra pasar tradisional terhadap word of mouth, dan word of mouth
terhadap keputusan pembelian. Selain itu, penelitian juga bertujusan untuk menguji pengaruh
secara tidak langsung digital marketing terhadap keputusan pembelian melalui word of mouth
dan citra pasar tradisional terhadap keputusan pembelian word of mouth.
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif. Populasi penelitian ini
penduduk kota Surabaya yang pernah berbelanja di Pasar Tradisional Genteng Surabaya
dengan minimal pembelian produk di pasar tradisional Genteng Surabaya sebanyak 1-2 kali.
Jumlah sampel ditentukan dengan menggunkan rumus lemeshow karena populasi tidak
diketahui dengan hasil sebanyak 100 responden. Pengambilan sampel menggunakan metode
purposive sampling dengan kriteria yang telah ditentukan. Sumber data diperoleh melalui data
primer sehingga teknik pengumpulan data menggunakan selebaran kertas. Teknis analisis data
dalam penelitian ini menggunakan Partial Least Square (PLS) melalui software SmartPLS
versi 3.0.
Hasil dari pengujian yang telah dilakukan m,enunjukkan bahwa digital marketing
berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian, citra pasar tradisional
berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian, digital marketing
berpengaruh positif dan signifikan terhadap word of mouth, citra pasar tradisional berpengaruh
positif dan signifikan terhadap word of mouth serta word of mouth berpengaruh positif dan
signifikan terhadap keputusan pembelian. Selain itu, digital marketing berpengaruh positif dan
signifikan terhadap keputusan pembelian melalui word of mouth. Selanjutnya citra pasar
tradisional berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian melalui word of
mouth.