DETAIL DOCUMENT
GAMBARAN KUALITAS PELAYANAN DAN KEPUASAN PENGGUNA LENSA SINGLE VISION DI OPTIK Z
Total View This Week3
Institusion
UNIVERSITAS BAKTI TUNAS HUSADA
Author
HANIFAH, SHOFI
Subject
KTI DIII-Refraksi Optisi 
Datestamp
2020-08-25 04:08:18 
Abstract :
Latar Belakang: Seorang refraksionis optisien harus dapat memberikan pelayanan baik serta konsultasi kepada pelanggan mengenai produk kacamata atau lensa, serta yang paling penting adalah caranya dalam berkomunikasi. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui gambaran kualitas pelayanan dan kepuasan pengguna lensa single vision di optik Z. Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan observasional deskriptif dengan jenis data kuantitatif serta pengumpulan data melalui pemberian kuesioner. Pengambilan sampel responden digunakan teknik purposive sampling sebanyak 110 responden. Secara umum hasil penelitian ini menunjukan bahwa kualitas pelayanan yang diberikan oleh seorang refraksionis optisien di optik Z sudah baik, dengan persentase sebanyak 78,18% responden menyatakan setuju, 13,63% menyatakan sangat setuju dan 8,18% menyatakan netral. Dan terdapat kepuasan dari pelanggan di optik Z, terbukti dari rata-rata kuesioner kepuasan responden yaitu sebanyak 79,09% menyatatakan setuju dan sebanyak 18,18% menyatakan sangat setuju serta 2,73% menyatakan netral. Kesimpulan dalam penelitian bahwa hasil penelitian menunjukkan dimensi pembentuk kualitas layanan terbukti memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan. Kata Kunci: kualitas pelayanan dan kepuasan pelanggan 
Institution Info

UNIVERSITAS BAKTI TUNAS HUSADA