Institusion
SEKOLAH TINGGI ILMU KESEHATAN GARUDA PUTIH
Author
Resya Mulyana, 40121221682
Subject
RT Nursing
Datestamp
2024-07-29 08:13:22
Abstract :
ABSTRAK
Latar belakang: Anak autisme merupakan anak yang megalami hambatan atau kesulitan dalam hal komunikasi dan juga kesulitan dalam berbahasa sehingga anak autisme tidak mampu beradaptasi dengan lingkungan atau disebut tidak ada konta lingkungan. Gejala autisme antara lain tidak mampu berkomunikasi dengan jelas, susah bersosialisasi, dan susah beradaptasi. Terapi musik merupakan terapi yang dilakukan menggunakan musik yang dilakukan sebagai upaya yang diracang untuk membantu klien dalam berinteraksi sosial, mengembangkan bahasa, dan aktif untuk bermain musik.
Tujuan: Untuk mengetahui penerapan terapi musik klasik terhadap kemampuan berbahasa pada anak autisme.
Metode: Penelitian ini menggunakan metode deskriptif yaitu rancangan penelitian yang mencakup untuk menganalisa data. Subjek dalam penelitian ini sebanyak dua responden dengan pengumpulan data secara observasi.
Hasil: Setelah dilakukan terapi musik klasik selama 1 minggu. Kemampuan berbahasa pada anak autisme meningkat. diperoleh terjadi peningkatan kemampuan berbahasa pada anak autisme setelah dilakukan penerapan terapi musik klasik.
Kesimpulan: Terjadi peningkatan terhadap kemampuan berbahasa pada anak autism setelah diberikan terapi musik klasik.
Saran: Diharapkan orang tua dan guru dapat memberikan terapi musik klasik untuk anak autisme guna meningkatkan kemampuan berbahasa.
Kata Kunci : Autisme, Kemampuan Berbahasa, Terapi Musik Klasik
Referensi: 17 buku (2010-2023), 10 jurnal (2020-2024).
ABSTRACT
Introduction: Children with autism are children who experience obstacles or difficulties in communication and also language difficulties so children with autism are unable to adapt to the environment or are called no environmental problems. Symptoms of autism include the inability to communicate, difficulty socializing, and difficulty adjusting.
Purpose: To determine the application of classical music therapy to language skills in children with autism.
Method: This study uses a descriptive method, namely a research design that analyzes data. The subjects in this study were two respondents with observational data collection.
Result: After a week of classical music therapy, the language ability of children with autism improved. An increase in language ability in children with autism was observed following the application of classical music therapy.
Conclusion: There was an improvement in language skills in children with autism after being given classical music therapy.
Tip: It is hoped that parents and teachers can provide classical music therapy for children with autism to improve language skills.
Keywords: Autism, Classical Music Therapy, Language Skills
Reference: 17 books (2010-2023), 10 journals (2020-2024).