DETAIL DOCUMENT
EDUKASI CUCI TANGAN DENGAN METODE BERNYANYI PADA ANAK PRASEKOLAH DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS PUTRI AYU KOTA JAMBI
Total View This Week0
Institusion
SEKOLAH TINGGI ILMU KESEHATAN GARUDA PUTIH
Author
Robi’atul Khasanah, 4012.12.21.686
Subject
RT Nursing 
Datestamp
2024-07-29 08:30:07 
Abstract :
ABSTRAK Pendahuluan: Anak prasekolah adalah anak yang berusia antara 3-6 tahun, fase anak prasekolah ini rasa ingin tahunya tinggi dan minat untuk bereksplorasi terhadap lingkungan meningkat sehingga rentan terhadap penyakit infeksi seperti demam, infeksi Saluran Nafas Atas (ISPA). Upaya untuk mencegah salah satunya dengan cara cuci tangan dengan benar. metode bernyanyi sangat berdampak secara optimal untuk mengasah kemampuan anak dalam melakukan cuci tangan. Tujuan: Untuk mengetahui penerapn edukasi cuci tangan dengan metode bernyanyi terhadap perilaku cuci tangan pada anak usia prasekolah diwilayah kerja Puskesmas Putri Ayu Kota Jambi. Metode: Jenis rancangan karya tulis ilmiah ini adalah studi kasus deskriptif. Subjek dalam studi kasus ini adalah 2 orang anak usia prasekolah. Hasil: Hasil penelitian diperoleh sebelum dilakukan edukuasi cuci tangan dengan metode bernyanyi An. S hanya mampu melakukan 2 gerakan cuci tangan dengan benar. Sementara pada An. F hanya mampu melakukan 4 gerakan cuci tangan dengan benar. Setelah dilakukan edukasi cuci tangan dengan metode bernyanyi An. S dan An. F mampu melakukan 6 gerakan cuci tangan dengan benar. Kesimpulan: Mencuci tangan dengan metode bernyanyi cukup efektif untuk meningkatkan perilaku mencuci tangan pada anak yang dibuktikan dari hasil penelitian yang dilakukan. Saran:Diharapkan pihak Puskesmas untuk rutin memberikan edukasi tentang cuci tangan untuk meningkatkan perilaku mencuci tangan pada anak prasekolah. Kata Kunci: Edukasi kesehatan, Cuci Tangan, Metode bernyanyi. Referensi : 12 buku (2012-2023) 15 jurnal (2019-2023) ABSTRACT Introduction: Preschool children is aged child between 3-6 years, phase child This preschool feels like it he knows high and interested For explore to environment increase so that prone to disease infection like fever, infection Channel Upper Breath. Efforts to prevent one of them with method wash hand with correct. method singing is very impactful optimally for hone ability child in do wash hand. Purpose: To know implementation education wash hand with method sing to behavior wash hands on children age preschool in the region Work public health center Putri Ayu Jambi City. Method: Design type work write scientific this is studies case descriptive. Subject in studies This case is 2 children age preschool. Results: Research results obtained before done education wash hand with a method sing An. S only capable do 2 movements wash hand with Correct. Meanwhile in An. F only capable do 4 movements wash hand with Correct. After done education wash hand with method sing An. S and An. F is capable do 6 movements wash hand with Correct. Conclusion: Washing hand with method sing Enough effective for increase behavior wash hand on a proven child from results research conducted. Suggestion: It is hoped that the Community Health Center will routinely provide education about hand washing to increase hand washing behavior in preschool children. Keywords: Health education, Hand washing, Singing method. References : 12 books (2012-2023) 15 journals (2019-2023) 

Institution Info

SEKOLAH TINGGI ILMU KESEHATAN GARUDA PUTIH