DETAIL DOCUMENT
PEMBERIAN EDUKASI TENTANG STIMULASI PERKEMBANGAN MOTORIK KASAR TERHADAP PENGETAHUAN IBU DENGAN ANAK USIA 1 TAHUN DI WILAYAH KERJA PUKESMAS KENALI BESAR KOTA JAMBI
Total View This Week0
Institusion
SEKOLAH TINGGI ILMU KESEHATAN GARUDA PUTIH
Author
Zuliani, 40121221699
Subject
RT Nursing 
Datestamp
2024-07-31 07:57:06 
Abstract :
ABSTRAK Pendahuluan: Motorik kasar adalah perkembangan yang berhubungan dengan aspek kemampuan anak dalam melakukan pergerakan dan sikap tubuh yang melibatkan otot-otot besar seperti tengkurap, duduk, berjalan dan sebagainya. Stimulasi adalah perangsangan yang datangnya dari lingkungan individu anak. Tujuan: Menerapkan pemberian edukasi tentang stimulasi perkembangan motorik kasar terhadap pengetahuan ibu dengan anak usaia 1 tahun. Metode: Jenis penelitian ini menggunakan metode deskriptif (Quasi Expriment) yaitu penelitian yang digunakan untuk menganalisa data dengan cara mendeskripsikan atau menggambarkan data. Subjek penelitian dalam penelitian adalah satu responden. Metode pengumpulan data dengan cara observasi. Hasil: penelitian ini dilakukan 3 hari, pada 1 orang responden dengan masalah tingkat pengetahuan tentang perkembang motorik kasar pada pertemuan pertama didapat nilai tingkat pengetahuan yaitu 50% (Kurang) dan setelah diberikan edukasi adanya peningkatan pengetahuan yaitu 80% (Baik). Kesimpulan: Setelah dilakukan pemberian edukasi tentang stimulasi perkembangan motorik kasar terhadap pengetahuan ibu pada anak usia 1 tahun adanya peningkatan pengetahuan ibu tentang stimulasi perkembangan motorik pada anak usia 1 tahun dengan nilai 80% (baik). Saran: Sebagai referensi dalam memberikan penyuluhan kepada orang tua mengenai pentingnya pengetahuan ibu tentang stimulasi perkembangan motorik kasar terhadap pengetahuan ibu dengan anak usia 1 tahun. Kata Kunci: Edukasi, Respiration Rate, Perkembangan motorik pada anak 1 tahun Referensi: 6 Buku ( 2016-2023, 14 Jurnal ( 2021-2023). ABSTRACT Introduction: Gross motor skills are developments related to aspects of a child's ability to carry out movements and body postures involving large muscles such as lying on his stomach, sitting, walking and so on. Stimulation is a stimulus that comes from the child?s individual environment. Objective: To apply the provision of education about stimulating gross motor development to the knowledge of mothers with children aged 1 year. Method: This type of research uses a descriptive method (Quasi Experiment), namely research that is used to analyze data by describing or illustrating the data. The research subject in the study was one respondent. The data collection method is by observation. Results: this research was conducted for 3 days, 1 respondent with a problem with the level of knowledge regarding gross motor development at the first meeting obtained a knowledge level score of 50% (Poor) and after being given education there was an increase in knowledge, namely 80% (Good). Conclusion: After providing education about stimulating gross motor development to mothers' knowledge in children aged 1 year, there was an increase in maternal knowledge about stimulating motor development in children aged 1 year with a score of 80% (good). Suggestion: As a reference in providing counseling to parents regarding the importance of mothers' knowledge about stimulating gross motor development towards mothers' knowledge of 1 year old children. Keywords: Education, Respiration Rate, Motor development in 1 year old children Reference: 6 Books ( 2026-2023, 14 books ( 2021-2023) 

Institution Info

SEKOLAH TINGGI ILMU KESEHATAN GARUDA PUTIH