Abstract :
Instalasi Gawat Darurat merupakan unit integral dari rumah sakit yang
berpengaruh besar bagi masyarakat terkait penilaian kepuasan pasien. Kepuasan
pasien tidak cukup dengan meningkatkan fasilitas lingkungan fisik, tetapi dalam
upaya memberikan kepuasan kepada pasien terutama proses dalam pelayanan
kesehatan. Pelayanan yang memuaskan seperti memberikan alur yang sesuai dan
waktu tanggap yang cepat akan mendatangkan pasien baru karena pasien merasa
senang terhadap pelayanan yang diberikan. Tujuan penelitian ini adalah
menganalisis hubungan antara alur pelayanan dengan kepuasan dan hubungan
waktu tanggap dengan kepuasan.
Metode penelitian ini menggunakan analitik korelasi dengan pendekatan
cross sectional. Variabel independent alur pelayanan dan waktu tanggap sedangkan
variabel dependent kepuasan. Populasi penelitian adalah pasien yang menjalani
perawatan di IGD sebanyak 242 dengan sampel 149 responden. Teknik
pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Instrumen yang digunakan
adalah lembar observasi alur pelayanan dan waktu tanggap dan kuesioner
Kepuasan. Uji statistik menggunakan uji korelasi spermank rank dengan ? 0,05.
Hasil uji spearman rank variabel alur pelayanan dengan kepuasan didapatkan
p value sebesar 0,021. Nilai r sebesar -0,188. Dan hasil uji spearman rank variabel
waktu tanggap dengan kepuasan didapatkan p value sebesar 0,000. Nilai r sebesar
0,492. Kesimpulan kedua variabel independent, keduanya memiliki hubungan
dengan kepuasan. Dengan nilai korelasi tersebut menunjukkan ada hubungan
sangat rendah dan sedang. Semakin baik alur pelayanan dan waktu tanggap yang
diberikan, maka akan mempengaruhi tingkat kepuasan pasien.
Saran bagi peneliti selanjutnya diharapkan dapat meneliti variabel lain yang
belum diteliti misalnya, tingkat pengetahuan, mutu pelayanan, dukungan keluarga
dan juga sebagai sumber data penelitian selanjutnya yang berkaitan dengan
kepuasan.