Abstract :
Manajemen merupakan kegiatan yang terdiri dari merencanakan, melaksanakan, mengevaluasi untuk mencapai tujuan yang ingin dicapai dengan memanfaat sumber daya yang ada. Mutu pembelajaran PAI mengacu pada kualitas pembelajaran PAI, mengacu pada pendekatan sistem, mengacu pada teori belajar dan pembelajaran, mengacu pada proses pembelajaran individual, mengacu pada hasil belajar, mengacu pada kemudahan belajar, mengacu pada variabel pembelajaran, mengacu pada kualitas metode pembelajaran, mengacu pada wawasan tentang teknologi pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Pendidikan Agama Islam adalah upaya sadar dan terencana dalam menyiapkan peserta didik untuk mengenal, memahami, menghayati, dan mengamalkan ajaran agama Islam. Mts Nurul Jadid Kota Mojokerto. Merupakan salah satu lembaga Pendidikan Islam yang menerapkan manajemen pembelajaran Pendidikan Agama Islam dalam proses pembelajarannya guna mecapai mutu yang baik.
Penelitian ini dilakukan dengan tujuan: (1) Mengetahui mutu pembelajaran Pendidikan Agama Islam di MTs. Nurul Jadid Kota Mojokerto, (2) Mengetahui mutu pelaksanaan pembelajaran Pendidikan Agama Islam di MTs. Nurul Jadid Kota Mojokerto, 3) Mengetahui mutu evaluasi pembelajaran Pendidikan Agama Islam di MTs. Nurul Jadid Kota Mojokerto, 4) Untuk mengethui mutu pengawasan pembelajaran Pendidikan Agama Islam di MTs. Nurul Jadid Kota Mojokerto. Peneliti menggunakan Metode Kuallitatif dengan pendekatan deskriptif kualitatif dan teknik pengumpulan data, wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalh reduksi data, penyajian data dan penampilan kesimpulan. Pemguji keabsahan data menggunakan uji kredibilitas dengan triangulasi.
Hasil penelitian disimpulkan manajemen pembelajaran Pendidikan Agama Islam yang dilaksanakan di MTs. Nurul Jadid Kota Mojokerto sudah baik, pengelolaanya mencakup perencanaan pembelajaran yang meliputi: Interrelasi variabel pembelajaran, kemudahan belajar, kualitas metode penelitian diambil dari ba 3 hal. 62. Pelaksanaan pembelajaran yang meliputi: kualitas pembelajaran, pendekatan sistem, teori belajar dan pembelajaran, belajar perseorangan, wawasan tentang tekonologi pembelajaran. dan evaluasi pembelajaran yang meliputi: hasil belajar, semua aspek tersebut sudah mengarah pada manajemen pembelajaran PAI yang bermutu