DETAIL DOCUMENT
Pengaruh Program Khitobah terhadap Percaya Diri Siswa di MA Al-Ichsan Brangkal Kabupaten Mojokerto Tahun Ajaran 2017/2018
Total View This Week8
Institusion
STIT Raden Wijaya Mojokerto
Author
Khitmah, A
Subject
L Education (General) 
Datestamp
2019-12-09 13:53:49 
Abstract :
Masalah dalam penelitian ini yaitu kurangnya rasa percaya diri yang dimiliki oleh siswa. Terlihat dari pasifnya siswa pada saat berlangsungnya proses belajar mengajar di dalam kelas. Selain itu karena tidak banyak anak muda yang mampu menyampaikan gagasan atau pendapatnya di depan umum dengan baik dan benar. Kemampuan siswa dalam keagamaan khususnya agama Islam, di jaman yang semakin modern ini semakin menurun. Sedangkan kebutuhan masyarakat akan hal tersebut semakin meningkat. Program khitobah di Madrasah Aliyah Al-Ichsan merupakan kegiatan pembelajaran berupa latihan berpidato yang dilaksanakan secara rutin setiap minggunya dengan tujuan melatih mental, keberanian dan kemampuan para siswa untuk bisa berceramah atau berpidato di depan orang banyak, Program khitobah masih jarang di terapkan di lembaga pendidikan formal yang lain. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui program khitobah meningkatkan rasa percaya diri siswa di Madrasah Aliyah Al-Ichsan Brangkal Kabupaten Mojokerto. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian survey. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah random sampling yang diambil secara acak dari seluruh kelas X,XI dan XII. Adapun sampel yang diambil sebanyak 60 siswa. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah angket (kuesioner), observasi, wawancara dan dokumentasi. Berdasarkan analisis data diketahui bahwa tingkat Program khitobah tergolong cukup baik yaitu sebanyak 19 siswa dengan presentase 31,7% sedangkan yang berada pada tingkat lemah sebanyak 14 siswa dengan presentase 23,3%. Demikian juga halnya dengan tingkat percaya diri siswa tergolong tinggi sebanyak 25 siswa dengan presentase 41,7% sedangkan yang berada pada tingkat rendah sebanyak 8 siswa dengan presentase 13,3%.Hasil analisis korelasi diperoleh nilai koefisien korelasi (r) sebesar 0,609 dengan sig (p) = 0,000 dengan sampel 60 siswa menunjukkan terdapat korelasi di antara dua variabel walaupun korelasinya kuat. Hal ini diperkuat dengan hasil. nilai Fhit = 34,225. Sedangkan dari tabel distribusi F dengan derajat bebas N1 = 1 dan N2 = 58 pada taraf signifikansi 0,05 (F1;58;0,05), diperoleh Ftabel =4,01. Jadi Fhit> Ftabel = 34,255 > 4,01. Berdasarkan perhitungan tabel di atas juga diperoleh nilai signifikansi penelitian sebesar 0,000. Nilai signifikansi penelitian lebih kecil dari taraf signifikansi sebesar 5% atau 0,05. Karena Fhit lebih besar dari Ftabel dan signifikansi penelitian lebih kecil dari 0,05 maka dapat disimpulkan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima artinya signifikan. Berdasarkan analisis regresi linier sederhana diketahui nilai koefisien determinasi (r2) yang ditunjukkan pada nilai R Square sebesar 0,371 atau sama dengan 37,1% (r2 x 100%). Hal ini menunjukkan bahwa besarnya pengaruh program khitobah terhadap percaya diri siswa di Madrasah Aliyah AL-Ichsan Brangkal Kabupaten Mojokerto adalah sebesar 37,1%. Sedangkan sisanya 62,9% (100% - 37,1%) dipengaruhi oleh faktor atau variabel lain. 
Institution Info

STIT Raden Wijaya Mojokerto