DETAIL DOCUMENT
Implementasi Aplikasi Whatsapp serta Dampak Kompetensi Belajar Siswa Kelas V dalam Kegiatan Belajar Mengajar di SDN 2 Ploso
Total View This Week0
Institusion
STKIP PGRI Pacitan
Author
PRIASMITA, PINKY
Subject
L Education (General) 
Datestamp
2022-03-02 06:46:27 
Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan WhatsApp dalam kegiatan belajar mengajar, untuk mengetahui pembelajaran melalui grup whatsapp dan untuk mengetahui penggunaan aplikasi WhatsApp dapat berdampak pada kompetensi belajar siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian adalah penelitian kualitatif dengan bentuk studi kasus, yaitu suatu peneltian yang menekankan pada aspek pemahaman secara mendalam pada suatu permasalahan serta peneliti melakukan eksplorasi secara mendalam terhadap program; kejadian; proses dan aktivitas. Subjek penelitian guru dan siswa kelas V SDN 2 Ploso Pacitan. Teknik pengumpulan data berupa Observasi, wawancara, tes dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah menggunakan analisis data di lapangan model Miles dan Huberman. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pembelajaran menggunakan WhatsApp tidak efektif dikarenakan kendala dari pihak guru serta siswanya. Mulai dari penguasaan teknologi yang kurang oleh guru, orang tua dan siswa. Siswa tidak memiliki handphone sendiri yang mengakibatkan tidak efektif pada pembelajaran. Dampak kompetensi siswa menurun dilihat dari respon saat pembelajaran berlangsung. Kata kunci: Whatsapp, Kompetensi Belajar, KBM 
Institution Info

STKIP PGRI Pacitan