Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan peran orang tua terhadap literasi baca tulis anak kelas II sekolah dasar di Desa Candi Kecamaataan Pringkuku yang mencakup 4 aspek peran orang tua yaitu, sebagai fasilitator, pendidik, pembimbing, dan pendorong.
Jenis penelitiann ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan penelitian deskriptif kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah orang tua dan anak SD di lingkungan Desa Candi yang terdiri dari 6 orang tua dan 6 anak. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes, wawancara, dan dokumentasi. Keabsahan data menggunakan triangulasi teknik dan sumber. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif naratif dengan menggunakan model Miles and Huberman.
Hasil penelitian didapatkan orang tua berperan sebagai pendidik, fasilitator, pendorong, dan pembimbing bagi anaknya. Keempat peran ini dijalankan oleh orang tua ketika mendampingi anaknya dalam kegiatan literasi baca tulis saat belajar di rumah. Melalui peran orang tua ini, diketahui bahwa peran orang tua terhadap literasi baca tulis anak, tergolong kedalam kategori baik, sebagaimana yang dilakukan orang tua untuk meningkatkan literasi baca tulis pada anak.
Kata Kunci: Literasi, Baca tulis, Peran orang tua.