DETAIL DOCUMENT
Analisis Implementasi Sistem Belanja Online Berbasis Aplikasi E-Commerce terhadap Perilaku Konsumtif Mahasiswa STKIP PGRI Pacitan
Total View This Week0
Institusion
STKIP PGRI Pacitan
Author
PRANYOTO, RISKI ARIERSTA PRABOWO
Subject
L Education (General) 
Datestamp
2021-11-11 02:42:16 
Abstract :
Seiring berkembangnya zaman dan segala inovasi teknologi yang menyertainya, beberapa fenomena kehidupan bermunculan. Kemudahan penggunaan internet di segala aspek salah satunya dalam bidang transaksi belanja mengakibatkan meningkatnya gaya hidup sosial masyarakat. Maraknya trend belanja online menggunakan platform aplikasi e-commerce menjadi penyebab terjadinya konsumsi berlebihan dan mengarah pada perilaku konsumtif konsumen, salah satunya terjadi pada mahasiswa STKIP PGRI Pacitan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor yang mempengaruhi perilaku konsumtif melalui transaksi belanja online pada aplikasi e-commerce. Penelitian ini menggunakan empat variabel independen yaitu variabel kualitas informasi (X1), variabel kemudahan (X2), variabel harga (X3), dan variabel kualitas produk (X4), serta variabel dependennya yaitu variabel perilaku konsumtif (Y). Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif dengan sampel penelitian sebanyak 90 mahasiswa/i. Teknik pengumpulan data menggunakan metode kuesioner berupa pernyataan yang disebar secara online kepada responden yang melakukan pembelian online menggunakan teknik random sampling. Analisis data dilakukan dengan pengolahan data menggunakan SPSS 16.0 for windows. Selanjutnya analisis data dengan menggunakan uji validitas, reliabilitas, uji asumsi klasik, analisis regresi berganda, dan pengujian hipotesis menggunakan uji F dan uji T. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa secara simultan kempat variabel independen (X1, X2, X3,X4) berpengaruh terhadap variabel dependen (Y), dan parsial hanya variabel kualitas informasi (X1) yang berpengaruh signifikan terhadap variabel perilaku konsumtif. Sedangkan variabel kemudahan (X2), harga (X3) dan kualitas produk (X4) tidak berpengaruh. Ini disebabkan karena ada faktor lain yang mendorong untuk melakukan pembelian secara online dan konsumtif seperti faktor kemudahan, harga, dan faktor lain yang tidak dijelaskan dalam penelitian ini. Kata Kunci : Perilaku Konsumtif, E-commerce, Belanja Online 
Institution Info

STKIP PGRI Pacitan