Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Sistem pelaksanaan pembelajaran daring di SD Negeri Jatimalang; (2) Aktivitas siswa membaca materi pelajaran dalam pembelajaran daring; (3) Peran orang tua dalam mengembangkan aktivitas membaca materi pelajaran pada anak dalam pembelajaran daring.
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan menggunakan 6 subjek yang dipilih secara purposive sampling pada siswa kelas I SD Negeri Jatimalang. Objek penelitian ini adalah peran orang tua terhadap aktivitas siswa membaca materi pelajaran dalam pelaksanaan pembelajaran daring. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil analisis data memperoleh kesimpulan bahwa: (1). Pelaksanaan sistem pembelajaran daring di SD Negeri Jatimalang dilaksanakan secara daring keseluruhan; (2). Aktivitas siswa membaca materi pelajaran dalam pembelajaran daring berjalan lancar dan dilakukan secara rutin; (3). Peran orang tua sangat positif dan penting dalam mengembangkan aktivitas membaca materi pelajaran pada anak dalam pembelajaran daring.
Kata Kunci: Peran Orang Tua, Membaca, Pembelajaran Daring.