Abstract :
ABSTRAK
Rima Trilia Sari. Pengaruh Kecemasan Matematika dan Kontrol Diri Siswa Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas X SMK Negeri 2 Donorojo. Skripsi. Pacitan: STKIP PGRI Pacitan, 2020.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) pengaruh kecemasan matematika (tinggi, sedang, rendah) terhadap hasil belajar matematika; (2) pengaruh kontrol diri (tinggi, sedang, rendah) terhadap hasil belajar matematika; (3) interaksi antara kecemasan matematika dan kontrol diri terhadap hasil belajar matematika.
Penelitian ini merupakan penelitian jenis ex post facto dengan pendekatan kuantitatif. Sampel pada penelitian ini adalah siswa kelas X sebanyak 65 siswa. Pengambilan sampel menggunakan teknik sampling jenuh. Metode pengumpulan data dilakukan menggunakan dokumentasi dan angket. Teknik analisis data menggunakan analisis variansi dua jalan sel tak sama dengan bantuan SPPS 16.0. Sebagai prasyarat analisis yaitu uji normalitas dan uji homogenitas.
Hasil analisis data menunjukkan bahwa: (1) tidak ada pengaruh kecemasan matematika (tinggi, sedang, rendah) terhadap hasil belajar matematika; (2) tidak ada pengaruh kontrol diri (tinggi, sedang, rendah) terhadap hasil belajar matematika; (3) tidak ada interaksi antara kecemasan matematika dan kontrol diri terhadap hasil belajar matematika.
Kata kunci: Kecemasan Matematika, Kontrol Diri, Hasil Belajar Matematika