DETAIL DOCUMENT
PENERAPAN MEDIA MIND MAPPING DALAM PEMBELAJARAN IPA UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN SISWA KELAS III SDN SIDOMULYO IV TAHUN 2021
Total View This Week0
Institusion
STKIP PGRI Pacitan
Author
KAWATI, DEWI ARDI
Subject
L Education (General) 
Datestamp
2021-11-11 03:41:16 
Abstract :
ABSTRAK. Tujuan penelitian ini yaitu mengetahui penerapan media mind mapping dalam pembelajaran IPA untuk meningkatkan keaktifan siswa kelas III SDN IV Sidomulyo tahun pelajaran 2020/2021.Mengetahui kendala yang dialami guru dan siswa dalam menerapkan mediamind mapping dalam pembelajaran IPA untuk meningkatkan keaktifan siswa kelas III SDN IV Sidomulyo tahun pelajaran 2020/2021.Mengetahui upaya yang dilakukan guru untuk menghadapi kendala yang dialami siswa dalam menerapkan media mind mapping dalam pembelajaran IPA untuk meningkatkan keaktifan siswa kelas III SDN IV Sidomulyo tahun pelajaran2020/2021. Dalam penelitian untuk pengambilan data menggunakan 1) data observasi, 2) wawancara, 3) Dokumentasi. Analisis data pengumpulan data menggunakan triangulasi data, dengan tahap redukadi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa media mind mapping dapat meningkatkan keaktifan siswa selama proses pembelajaran IPA. Dalam penelitian ini apakah siswa dapat lebih aktif dengan menggunakan media mind mapping. Kata kunci : media mind mapping dalam pembelajaran IPA. ABSTRACT The purpose of this study is to find out the application of mind mapping media in science learning to increase the activity of third grade students at SDN IV Sidomulyo in the 2020/2021 school year.Knowing the obstacles experienced by teachers and students in applying mediamind mapping in science learning to increase the activity of class III students at SDN IV Sidomulyo for the 2020/2021 school year.Knowing the efforts made by teachers to face the obstacles experienced by students in applying mind mapping media in science learning to increase the activity of third grade students at SDN IV Sidomulyo in the 2020/2021 school year. In the study for data collection using 1) observation data, 2) interviews, 3) Documentation. Data analysis of data collection uses data triangulation, with the stages of data reducation, data presentation and conclusion drawing. The results of this study indicate that mind mapping media can increase student activity during the science learning process.In this study, whether students can be more active by using mind mapping media. Keywords: mind mapping media in science learning. 
Institution Info

STKIP PGRI Pacitan