Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) prosedur pengembangan media mading 3D untuk literasi budaya siswa kelas IV di SD Negeri 1 Hadiwarno; (2) kelayakan media mading 3D untuk literasi budaya siswa kelas IV di SD Negeri 1 Hadiwarno; (3) hasil pengembangan media mading 3D untuk literasi budaya siswa kelas IV di SD Negeri 1 Hadiwarno. Jenis penelitian ini Research and Development (R&D) dengan model pengembangan Borg & Gall yang telah dimodifikasi Sadiman. Langkah-langkah yang ditempuh meliputi (a) pencarian dan pengumpulan data, (b) perencanaan, (c) pengembangan bentuk produk awal, (d) uji coba lapangan awal, (e) revisi hasil uji coba lapangan awal, (f) uji coba lapangan utama, (g) revisi produk operasional. Produk diuji cobakan kepada 4 siswa kelas IV sekolah dasar dalan uji coba kelompok kecil. Kelayakan produk didasarkan pada hasil penelitian ahli materi, ahli media, ahli pembelajaran, dan respon siswa kelas IV sekolah dasar sebagai subjek uji coba. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan observasi, wawancara, angket, tes, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan teknik tingkat kevalidan produk dan analisis data uji coba. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) media mading 3D untuk literasi budaya siswa yang telah dikembangkan dengan pengembangan model Borg & Gall yang telah dimodifikasi oleh Sadiman dan dengan uji coba serta validasi dari para ahli; (2) media dinyatakan efektif berdasarkan pencapaian ketuntasan belajar siswa yang mencapai nilai ?75 atau sebesar 80%; (3) penilaian ahli materi dengan rata-rata skor 4 ?Valid?, penilaian ahli media dengan rata-rata 4,1 ?Valid?, dan penilaian siswa dalam uji coba kelompok kecil dengan rata-rata 4,12 ?Valid?.
Kata Kunci: Mading 3D, Literasi Budaya