Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui metode pembelajaran apa yang digunakan guru bahasa Indonesia dan apa saja faktor pendukung dan faktor penghambat pada saat menulis teks biografi di kelas X SMK Negeri 2 Pacitan.Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif, yaitu kegiatan penelitian yang terfokus untuk mendeskripsikan dan menganalisis suatu kejadian, persepsi, sikap, pemikiran secara individu atau kelompok. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X AKL 1 dan X OTKP 1 SMK Negeri 2 Pacitan. Teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Metode pembelajaran yang digunakan guru bahasa Indonesia adalah metode ceramah, tanya jawab, dan penugasan yang sudah berjalan dengan baik, indikasinya siswa dapat memahami materi yang disampaikan oleh guru sehingga mampu mengerjakan tugas menganalisis teks biografi dengan nilai baik. Hasil pada faktor pendukung dan faktor penghambat pada pembelajaran menulis teks biografi menunjukkan bahwa: (1) Faktor pendukung pada pembelajaran menulis dapat membantu para siswa selama pembelajaran teks biografi yang dianggap sulit bagi siswa, pada faktor penghambat siswa tidak terbiasa menulis dan tidak percaya diri. Namun, adanya faktor penghambat tidak membuat para siswa menyerah, adanya faktor pendukung membuat semangat belajar siswa meningkat. Pembelajaran menulis teks biografi memang cukup sulit bagi siswa. Namun, guru tetap memberikan materi dengan metode yang maksimal, sehingga siswa dapat menerima dengan baik tanpa merasa terbebani selama proses pembelajaran.
Kata Kunci: Pembelajaran Menulis, Teks Biografi, Metode Pembelajaran.