Abstract :
Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan perencanaan belajar Bahasa Indonesia melalui sistem pembelajaran Blended Learning pada siswa kelas XI SMK Negeri 1 Pacitan, Mendeskripsikan pelaksanaan belajar Bahasa Indonesia melalui sistem pembelajaran Blended Learning pada siswa kelas XI SMK Negeri 1 Pacitan. Mendeskripsikan faktor pendukung dan penghambat pelaksanaan pembelajaran Blended Learning di kelas XI SMK Negeri 1 Pacitan.
Jenis penelitian ini adalah kualitatif, dengan pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan penelitian deskripitf kualitatif. Metode pengumpulan data diperoleh dari observasi, wawancara dan dokumentasi.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa pembelajaran Blended Learning di kelas XI SMK Negeri 1 Pacitan ; 1) Terdapat perencanaan pembelajaran Bahasa Indonesia melalui pembelajaran Blended Learning pada siswa kelas XI SMK Negeri 1 Pacitan, 2) Faktor pendukung pembelajaran Blanded Learning adalah model pengajaran yang dirancang dengan menggunakan media komputer, 3) Pembelajaran Blended Learning pada mata pelajaran Bahasa Indonesia belum berjalan dengan efektif.
Kata Kunci : Perencanaan, Blended Learning, Siswa