Abstract :
ABSTRAK
Aulia Arbaa Romadhoni. Pengaruh Kedisiplinan dan Kepercayaan Diri Terhadap Pemahaman Matematik Siswa di SMP Negeri 1 Arjosari. Skripsi. Pacitan: STKIP PGRI Pacitan, 2020.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) Pengaruh kedisiplinan terhadap pemahaman matematik siswa di SMP Negeri 1 Arjosari, 2) Pengaruh kepercayaan diri terhadap pemahaman matematik siswa di SMP Negeri 1 Arjosari, 3) Pengaruh anatara kedisiplinan dan kepercayaan diri terhadap pemahaman matematik siswa di SMP Negeri 1Arjosari.
Penelitian ini merupakan penelitian kausal korelasi dengan teknik pengumpulan data menggunakan metode angket dan tes. Sampel penelitian adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Arjosari tahun ajaran 2019/2020 dengan pengambilan data menggunakan simple random sampling. Akan tetapi dikarenakan adanya pandemi covid-19 sehingga penelitian yang dilakukan menjadi lebih terbatas sehingga sebanyak 1 kelas yang berjumlah 23 siswa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket kedisiplinan, angket kepercayaan diri, dan tes pemahaman matematik. Pengujian angket menggunakan uji validitas isi dan reliabilitas instrumen, sedangkan tes menggunakan uji validitas isi, tingkat kesukaran, daya beda, dan reliabilitas isi. Teknik analisis data menggunakan bantuan regresi program SPSS 16.0 for windows metode enter. Uji syarat analisisnya adalah menggunakan uji linearitas, uji normalitas, uji heteroskedastisitas, dan uji multikolinearitas,.
Hasil analisis data menunjukkan bahwa: 1) Tidak ada pengaruh kedisiplinan terhadap pemahaman matematik siswa di SMP Negeri 1 Arjosari, 2) Tidak ada pengaruh kepercayaan diri terhadap pemahaman matematik siswa di SMP Negeri Arjosari, 3) Tidak ada pengaruh secara bersama-sama kedisiplinan dan kepercayaan diri terhadap pemahaman matematik siswa di SMP Negeri 1 Arjosari.
Kata Kunci: Kedisiplinan, Kepercayaan Diri, Pemahaman Matematik