DETAIL DOCUMENT
PENGARUH KEMAMPUAN METAKOGNITIF SISWA DITINJAU DARI ADVERSITY QUOTIENT (AQ) DAN TIPE KEPRIBADIAN
Total View This Week0
Institusion
STKIP PGRI Pacitan
Author
LESTARI, YUVENDRI DWI
Subject
L Education (General) 
Datestamp
2024-02-22 02:11:51 
Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) pengaruh adversity quotient (tinggi, sedang, rendah) terhadap kemampuan metakognitif siswa, 2) pengaruh tipe kepribadian (koleris, sanguinis, melankolis, plegmatis) terhadap kemampuan metakognitif siswa, 3) pengaruh interaksi antara adversity quotient dan tipe kepribadian terhadap kemampuan metakognitif siswa. Jenis penelitian ini merupakan ex post facto dengan pendekatan kuantitatif. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas X TBS 1, X TBS 2, dan X MM 2 SMK Negeri Kebonagung. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik simple random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan tes. Teknik analisis data menggunakan uji lanjut non-parametrik Kruskall Wallis H. Hasil analisis data penelitian menyimpulkan bahwa: 1) berdasarkan hasil uji lanjut diperoleh H_0A diterima artinya tidak terdapat pengaruh antara adversity quotient (tinggi, sedang, rendah) terhadap kemampuan metakognitif siswa, 2) berdasarkan hasil uji lanjut diperoleh H_0B diterima artinya tidak terdapat pengaruh antara tipe kepribadian (koleris, sanguinis, melankolis, plegmatis) terhadap kemampuan metakognitif siswa, 3) berdasarkan hasil uji lanjut diperoleh H_0AB diterima artinya tidak terdapat interaksi antara adversity quotient dan tipe kepribadian terhadap kemampuan metakognitif siswa. Kata Kunci: Kemampuan Metakognitif, Adversity Quotient, Tipe Kepribadian 
Institution Info

STKIP PGRI Pacitan