Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) Kemampuan self regulation siswa pada pembelajaran luring terbatas dengan kategori tinggi, sedang, rendah. 2) Kemampuan self concept siswa pada pembelajaran luring terbatas dengan kategori tinggi, sedang, rendah. 3) Kemampuan self esteem siswa pada pembelajaran luring terbatas dengan kategori tinggi, sedang, rendah.
Jenis penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Objek Penelitian ini adalah siswa kelas X TBS SMK Negeri 3 Pacitan. Subjek penelitian ini adalah siswa yang memiliki kategori tinggi, sedang dan rendah. Teknik pengumpulan data diperoleh dari hasil angket dan wawancara.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Kemampuan self regulation siswa pada pembelajaran luring terbatas dengan kategori tinggi, sedang, rendah. Namun, hasil yang didapatkan yaitu jumlah subjek pada kategori sedang lebih banyak daripada kategori tinggi dan rendah. Sehingga dapat disimpulkan bahwa subjek kurang mampu dalam mempresentasikan kemampuan self regulation. 2) Kemampuan self concept siswa pada pembelajaran luring terbatas dengan kategori tinggi, sedang, rendah. Namun, hasil yang didapatkan yaitu jumlah subjek pada kategori sedang lebih banyak daripada kategori tinggi dan rendah. Sehingga dapat disimpulkan bahwa subjek kurang mampu dalam mempresentasikan kemampuan self concept. 3) Kemampuan self esteem siswa pada pembelajaran luring terbatas dengan kategori tinggi, sedang, rendah. Namun, hasil yang didapatkan yaitu jumlah subjek pada kategori sedang lebih banyak daripada kategori tinggi dan rendah. Sehingga dapat disimpulkan bahwa subjek kurang mampu dalam mempresentasikan kemampuan self esteem.
Kata Kunci: Self Regulation, Self Concept, Self Esteem, Pembelajaran Luring Terbatas