DETAIL DOCUMENT
ANALISIS KESULITAN BELAJAR MATEMATIKA DITINJAU DARI DISPOSISI MATEMATIS PADA SISWA KELAS 4 SD NEGERI 2 CANDI
Total View This Week0
Institusion
STKIP PGRI Pacitan
Author
EKI RINDIATI, ADIRA
Subject
L Education (General) 
Datestamp
2022-11-23 01:13:53 
Abstract :
Adira Eki Rindiati, Analisis Kesulitan Belajar Matematika Ditinjau Dari Disposisi Matematis Pada Siswa Kelas 4 SD Negeri 2 Candi. Skripsi. Pacitan: STKIP PGRI Pacitan, 2022. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) kesulitan belajar siswa ditinjau dari disposisi matematis kategori rendah pada siswa kelas 4 SD Negeri 2 Candi, 2) kesulitan belajar siswa ditinjau dari disposisi matematis kategori sedang pada siswa kelas 4 SD Negeri 2 Candi, 3) Untuk mengetahui kesulitan belajar siswa ditinjau dari disposisi matematis kategori tinggi pada siswa kelas 4 SD Negeri 2 Candi. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Penelitian ini disesuaikan dengan kegiatan pembelajaran bangun datar yang berlangsung di kelas 4 SD Negeri 2 Candi. Penelitian menggunakan subjek yang dipilih secara Purposive Sampling. Instrumen pengumpulan data menggunakan angket disposisi matematis, tes diagnostik kesulitan belajar, wawancara dan dokumentasi. Keabsahan data menggunakan teknik tiangulasi, dilanjutkan dengan analisis data menggunakan model Miles dan Huberman yang, meliputi reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan: 1) siswa kelas IV SD Negeri 2 Candi yang memiliki kategori disposisi matematis tinggi menunjukkan hanya mengalami 2 indikator kesulitan belajar matematika, 2) siswa kelas IV SD Negeri 2 Candi dengan kategori disposisi matematis sedang mengalami 7 dari 9 indikator kesulitan belajar. 3) siswa kelas IV SD Negeri 2 Candi dengan disposisi matematis kategori rendah lebih banyak mengalami kesulitan belajar, yaitu 8 dari 9 indikator kesulitan belajar. Kata Kunci: Materi bangun datar, Kesulitan belajar matematika, Disposisi matematis ABSTRACT Adira Eki Rindiati, Analysis of Mathematics Learning Difficulties in terms of Mathematical Disposition in 4th Grade Students of SD Negeri 2 Candi. Thesis. Pacitan: STKIP PGRI Pacitan, 2022. This study aims to determine 1) students' learning difficulties in terms of the low category of mathematical dispositions in 4 grade students of SD Negeri 2 Candi, 2) students' learning difficulties in terms of moderate mathematical dispositions in 4 grade students of SD Negeri 2 Candi, 3) To find out difficulties student learning in terms of the high category of mathematical disposition of the 4 graders of SD Negeri 2 Candi. This type of research is descriptive qualitative. This study was adapted to the flat shape learning activities that took place in grade 4 of SD Negeri 2 Candi. The study used subjects selected by purposive sampling. Data collection instrument used a mathematical disposition questionnaire, a diagnostic test for learning difficulties, interviews and documentation. The validity of the data using the technique of polulating, followed by data analysis using the Miles and Huberman model which includes data reduction, data presentation and drawing conclusions. The results of this study indicate: 1) fourth grade students of SD Negeri 2 Candi who have a high mathematical disposition category show only 2 indicators of learning difficulties in mathematics, 2) fourth grade students of SD Negeri 2 Candi with a category of moderate mathematical disposition experience 7 of 9 indicators of learning difficulties. . 3) fourth grade students of SD Negeri 2 Candi with low mathematical dispositions have more learning difficulties, namely 8 out of 9 indicators of learning difficulties. Keywords: Flat material, Difficulty in learning mathematics, Mathematical disposition 
Institution Info

STKIP PGRI Pacitan