DETAIL DOCUMENT
Strategi Pemasaran Produk Sabun Cuci Piring Serai Wangi PT. Aroma Wangi Indonesia Kota Pangkalpinang
Total View This Week0
Institusion
Universitas Bangka Belitung
Author
Dhaffa Nabila Sukanda, (NIM. 2052011058)
Subject
H Social Sciences (General) 
Datestamp
2024-08-22 02:49:23 
Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk merumuskan alternatif strategi dan menentukan strategi prioritas dalam pemasaran produk sabun cuci piring serai wangi PT. Aroma Wangi Indonesia di Kota Pangkalpinang. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan April sampai bulan Juli 2024 di PT. Aroma Wangi Indonesia. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah metode studi kasus. Metode pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling dengan sampel berjumlah 5 responden. Metode analisis menggunakan deskriptif kualitatif dan analisis Strengths, Weakness, Opportunities, and Threats (SWOT) dan Quantitative Strategic Planning Matrix (QSPM). Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai IFE sebesar 3,06 dan nilai EFE sebesar 3,33. Alternatif strategi yang dapat diterapkan dalam pemasaran produk sabun cuci piring serai wangi PT. Aroma Wangi Indonesia di Kota Pangkalpinang adalah meningkatkan citra merek dan kualitas produk, namun tetap mempertahankan harga, mengembangkan dan diversifikasi produk berbahan dasar serai wangi, menjalin kerjasama dengan pasar modern, hotel, dan sektor jasa boga dan mengikuti program pelatihan dari instansi pemerintahan, menggencarkan pemasaran yang kurang optimal melalui pemasaran digital dan mengikuti event UMKM secara berkala, membuat konsep tata letak dan penjelasan produk yang menarik, meningkatkan kesesuaian produk yang ditampilkan di sosial media dengan produk yang dipasarkan seperti pemberian testimoni pelanggan hasil penjualan, melengkapkan perizinan dan logo ramah lingkungan pada kemasan produk untuk membangun kepercayaan konsumen, dan memaksimalkan manajemen operasional untuk meningkatkan keuntungan penjualan. Berdasarkan matriks QSPM, strategi yang menjadi prioritas utama untuk diterapkan adalah menjalin kerjasama dengan pasar modern, hotel, dan sektor jasa boga dan mengikuti program pelatihan dari instansi pemerintahan dengan nilai ?TAS sebesar 6,90. 
Institution Info

Universitas Bangka Belitung