Institusion
Universitas Bangka Belitung
Author
Widia Febiona, (NIM. 3022011068)
Subject
HB Economic Theory
Datestamp
2024-09-09 03:39:23
Abstract :
Penggunaan marketplace sebagai platform belanja telah mengubah perilaku dan menciptakan kebiasaan baru dalam berbelanja. Munculnya berbagai platform marketplace di Indonesia menuntut pemilik usaha untuk terus memantau dan meningkatkan keunggulan kompetitifnya untuk tetap mempertahankan posisinya dalam persaingan pangsa pasar. Dalam konteks ini, Shopee mendominasi sebagai platform marketplace terpopuler di Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh brand image dan shopping
lifestyle terhadap impulse buying dan purchase decision pada platform marketplace shopee di Kota Pangkalpinang. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah brand image dan shopping lifestyle, sedangkan variabel terikat yaitu impulse buying dan purchase decision. Pendekatan penelitian ini adalah analisis deskriptif kuantitatif dengan sampel sebanyak 100 responden dengan teknik pengambilan sampel menggunakan non probability sampling menggunakan metode purposive sampling.
Data diperoleh dengan kuesioner google form. Metode analisis data menggunakan Partial Least Square (SEM-PLS). Analisis dibantu dengan program Smart PLS 4.1 Berdasarkan hasil penelitian brand image berpengaruh positif namun tidak
signifikan terhadap impulse buying, shopping lifestyle berpengaruh positif dan signifikan terhadap impulse buying, brand image berpengaruh positif dan signifikan terhadap purchase decision, shopping lifestyle berpengaruh positif dan signifikan terhadap purchase decision, dan impulse buying berpengaruh positif dan signifikan terhadap purchase decision pada platform marketplace shopee di Kota
Pangkalpinang.