Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh sikap guru terhadap
minat belajar, pengaruh keterampilan mengelola terhadap minat belajar, pengaruh
minat belajar dengan baiknya sikap guru dan keterampilan mengelola kelas di
MTs. Al-Islamiyah Bebidas. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII, ,VIII,
IX MTs. Al-Islamiyah Bebidas yang berjumlah 72 yang dijadikan sampel. Teknik
pengumpulan data menggunakan teknik observasi, angket dan dokumentasi.
Teknik analisa data menggunakan uji normalitas dan uji hipotesis menggunakan
rumus regresi . Hasil penelitian yang diperoleh nilai rata-rata untuk sikap guru =
37,25. Sedangkan untuk keterampilan mengelola kelas nilai rata-rata = 26,72 dan
minat belajar nilai rata-rata = 22,72. Hasil dari uji hipotesis menggunakan rumus
regresi untuk sikap guru= 0,4904, keterampilan mengelola kelas = 0.4859 dan
untuk sikap guru dan keterampilan mengelola kelas secara bersamaan pengujian
hipotesis menggunakan uji Regresi dengan hasilnya= 0,000217. Dari hasil
penelitian dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh sikap guru, keterampilan
mengelola kelas, serta sikap guru dan keterampilan mengelola kelas secara
bersamaan terhadap minat belajar siswa di MTs. Al-Islamiyah Bebidas Tahun
Pelajaran 2013/2014.