DETAIL DOCUMENT
PENGARUH PENGGUNAAN METODE MIND MAPPING UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR EKONOMI PADA SISWA KELAS X MA TARBIYATUL MUSLIMIN DASAN MAALAN TAHUN PEMBELAJARAN 2012 / 2013
Total View This Week4
Institusion
Universitas Gunung Rinjani
Author
Aini, Wardatul
Subject
Pendidikan Akuntansi 
Datestamp
2022-01-14 09:08:44 
Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan metode Mind Mapping untuk meningkatkan prestasi belajar pada pelajaran Ekonomi Akuntansi siswa kelas X MA Tarbiyatul Muslimin Dasan Maalan Tahun Pelajaran 2012/2013. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X MA Tarbiyatul Muslimin Dasan Malan Tahun Pelajaran 2012/2013 yang berjumlah 3 kelas yakni kelas XA, XB dan XC. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah dengan menggunakan simple random sampling, dan yang terpilih sebagai sampel adalah kelas XA sebagai kelas eksperimen dan XB sebagai kelas kontrol. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan untuk menguji hipotesis dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan uji t. Setelah analisa data dilakukan, diperoleh harga t hitung = 13,989 dan ttabel = 1,99 pada taraf signifikasi 5% dengan dk=78. Karena t hitung>ttabel (13,989>1,99) maka H0ditolak dan H aditerima yang berarti bahwa pembelajaran dengan menggunakan metode Mind Mapping lebih berpengaruh dibandingkan dengan model pembelajaran konvensional. Berdasarkan hasil pengujian hipotesis di atas, dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode Mind Mappingberpengaruh dalam meningkatkan prestasi belajar Ekonomi Akuntansi siswa kelas X MA Tarbiyatul Muslimin Dasan Maaalan Tahun Pelajaran 2012/2013. 
Institution Info

Universitas Gunung Rinjani