Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan metode Mind
Mapping untuk meningkatkan prestasi belajar pada pelajaran Ekonomi Akuntansi
siswa kelas X MA Tarbiyatul Muslimin Dasan Maalan Tahun Pelajaran 2012/2013.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen.
Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X MA Tarbiyatul Muslimin
Dasan Malan Tahun Pelajaran 2012/2013 yang berjumlah 3 kelas yakni kelas XA,
XB dan XC. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah dengan
menggunakan simple random sampling, dan yang terpilih sebagai sampel adalah
kelas XA sebagai kelas eksperimen dan XB sebagai kelas kontrol. Sedangkan teknik
analisis data yang digunakan untuk menguji hipotesis dalam penelitian ini adalah
dengan menggunakan uji t.
Setelah analisa data dilakukan, diperoleh harga t
hitung
= 13,989 dan ttabel
=
1,99 pada taraf signifikasi 5% dengan dk=78. Karena t
hitung>ttabel
(13,989>1,99) maka
H0ditolak dan H
aditerima yang berarti bahwa pembelajaran dengan menggunakan
metode Mind Mapping lebih berpengaruh dibandingkan dengan model pembelajaran
konvensional. Berdasarkan hasil pengujian hipotesis di atas, dapat disimpulkan
bahwa penggunaan metode Mind Mappingberpengaruh dalam meningkatkan prestasi
belajar Ekonomi Akuntansi siswa kelas X MA Tarbiyatul Muslimin Dasan Maaalan
Tahun Pelajaran 2012/2013.