Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode pembelajaran
kooperatif model jigsaw terhadap prestasi belajar siswa di MA NW Lenek Lauq
pada mata pelajaran ekonomi pokok bahasan ketenaga kerjaan. Populasi dalam
penelitian ini adalah seluruh siswa MA NW Lenek Lauq yang berjumlah 257
siswa dan yang di ambil sebagai sampel dalam penelitian ini adalah kelas XI IPS I
sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IPS II sebagai kelas kontrol. Instrumen
yang digunakan untuk mengumpulkan data dalam penelitian ini adalah berupa tes
prestasi belajar siswa, yakni dengan cara memberikan soal tes pilihan ganda
sebanyak 20 butir soal. Untuk uji persyaratan analisis data pada penelitian ini
digunakan uji normalitas dan uji homogenitas data. Berdasarkan hasil analisis data
diperoleh hasil bahwa data-data yang diperoleh padapenelitian ini sudah normal
dan homogen. Sedangkan untuk uji hipotesis pada penelitian ini dengan
menggunakan Uji t (t-tes). Berdasarkan hasil penelitian ini ternyata menunjukkan
bahwa pembelajaran dengan metode kooperatif model jigsaw berpengaruh
terhadap prestasi belajar ekonomi siswa pada pokok bahasan ketenaga kerjaan
kelas XI IPS di MA NW Lenek Lauq tahun ajaran 2012/2013. Hal ini disebabkan
karena metode kooperatif model jigsaw ini berorientasi pada siswa sehingga dapat
membantu siswa dalam proses pembelajaran karena siswa merasa lebih nyaman
dan lebih berani menanyakan apa yang tidak dimengerti kepada temannya
dibandingkan kepada guru. Keberhasilan metode ini juga tidak terlepas dari
kontrol guru dalam proses pelaksanaannya.