Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran
berbasis masalah pelajaran ekonomi pada pokok bahasan kegiatan ekonomi
produsen dan konsumen siswa kelas X MA Nahdlatus Shaufiah Wanasaba tahun
pelajaran 2013/2014. metode pembelajaran ekonomi di MA Nahdlatus Shaufiah
Wanasaba didominasi oleh metode mengajar lama yaitu metode ceramah, hal ini
menyebabkan siswa menjadi pasif dan menerima apa yang diberikan oleh guru.
Disamping itu juga siswa tidak bersemangat dalam proses pembelajaran dan sisa
lebih banyak memilih untuk diam, sehingga komunikasi hanya berjalan satu arah,
oleh karna itu untuk memecahkan masalah tersebut peneliti mencoba
menggunakan model pembelajaran berbasis masalah terhadap hasil pembelajaran
ekonomi pada pokok bahasan kegiatan ekonomi produsen dan konsumen siswa
kelas X MA Nahdlatus Shaufiah Wanasaba Tahun pelajaran 2013/2014.
Penelitian ini merupakan penelitian eksprimen dengan subjek penelitian
yang digunakan adalah siswa kelas XA sebagai kelompok eskprimen yang
jumlahnya 30 orang siswa dan kelas XB sebagai kelompok kontrol dengan jumlah
siswa 30 orang siswa. Setelah pengumpulan dan pengolahan data, peneliti
mendapatkan nilai rata-rata kelompok eksprimen yaitu 79,83, sementara pada
kelompok kontrol nilanya 71,83. dalam uji hipotesis, peneliti menggunakan rumus
t-tes. Peneliti menemukan nilai t-tes yaitu 10,89 dan t-tabel pada taraf signifikan
5% yaitu 2,00 maka hipotesisnya diterima. Hal ini berarti bahwa model
pembelajaran berbasis masalah memiliki pengaruh yang signifikan terhadap hasil
belajar ekonomi kelas X MA Nahdlatus Shaufiah Wanasaba tahun pelajaran
2013/2014.