Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh adaministrasi sekolah dalam
meningkatkan kualitas pendidikan, pengaruh profesionalisme guru dalam
meningkatkan kualitas pendidikan, pengaruh kualitas pendidikan dengan
diterapkannya administrasi sekolah dan profesionalisme guru di SMP Islam
Pancor Kopong. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII
A
, VII
B
,VIII, IX SMP
Islam Pancor Kopong yang berjumlah 51 yang dijadikan sampel. Teknik
pengumpulan data menggunakan teknik observasi, angket dan dokumentasi.
Teknik analisa data menggunakan uji normalitas dan uji hipotesis menggunakan
rumus regresi . Hasil penelitian yang diperoleh nilai rata-rata untuk administrasi
sekolah = 37,25. Sedangkan untuk profesionalisme guru nilai rata-rata = 26,72
dan kualitas pendidikan nilai rata-rata = 22,72. Hasil dari uji hipotesis
menggunakan rumus regresi untuk administrasi sekolah= 0,4904, profesionalisme
guru= 0.4859 dan untuk adaministrasi pendidikan dan profesionalisme guru secara
bersamaan pengujian hipotesis menggunakan uji Regresi dengan hasilnya=
0,000217. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh
administrasi sekolah, profesionalisme guru, serta adminisrasi sekolah dan
profesionalisme guru secara bersamaan dalam meningkatkan kualitas pendidikan
di SMP Islam Pancor Kopong Tahun Pelajaran 2013/2014.