Abstract :
Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah bagaimanakah deskripsi faktor-faktor
satisfiers dan dissatisfiers pada tingkat kepuasan siswa kelas XI jurusan IPS SMAN 1 Sakra
tahun ajaran 2013/2014 dalam mempelajari akuntansi. Populasi dalam penelitian ini adalah
siswa kelas XI jurusan IPS SMAN 1 Sakra dengan ukuran populasi 76 siswa. Dikarenakan
semua unit populasi dapat terjangkau dan dimungkinkan tidak terjadi kerusakan data, maka
penelitian ini menggunakan penelitian sensus. Adapun variabel yang dikaji dalam penelitian ini,
yaitu: (1) satisifier dalam mempelajari akuntansi yang meliputi pencapaian prestasi individual
siswa dalam pelajaran akuntansi, pengakuan atau aktualisasi diri dalam PBM akuntansi,
pembelajaran akuntansi itu sendiri, tanggungjawab diri untuk mempelajari akuntansi, dan
pengembangan potensi individual siswa dalam mempelajari akuntansi, dan (2) dissatisfiers dalam
mempelajari akuntansi yang meliputi kondisi sosial ekonomi keluarga, kondisi PBM akuntansi,
kebijakan dan administrasi sekolah (guru), hubungan antar siswa, dan kualitas supervisi guru. Alat
pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket. Data yang dikumpulkan
dianalisis dengan teknik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kepuasan siswa dalam
mempelajari akuntansi dapat tercapai oleh faktor-faktor satisfiers. Ketidakpuasan siswa dalam
mempelajari akuntansi akan terjadi oleh kondisi dissatisfier. Berdasarkan hasil penelitian di atas
dapat disimpulkan bahwa apabila kondisi satisfiers dapat tercapai, maka akan memberikan
motivasi untuk mempelajari akuntansi, sehingga dimungkinkan mampu menciptakan kepuasan
siswa dalam mempelajari akuntansi, yang akhirnya akan diperoleh pencapaian prestasi yang baik
dalam mempelajari akuntansi. Apabila kondisi dissatisfiers dapat tercapai, maka tidak akan
memberikan motivasi untuk mempelajari akuntansi, sehingga dimungkinkan mampu menciptakan
ketidakpuasan siswa dalam mempelajari akuntansi, yang akhirnya tidak akan diperoleh pencapaian
prestasi yang baik dalam mempelajari akuntansi.