Abstract :
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh antara
keaktifan guru dalam kegiatan musyawarah guru mata pelajaran terhadap
kemampuan guru mengelola proses belajar mengajar diMTs.NW Lenek 1 Tahun
pelajaran 2016/207. Penelitian ini terdiri dari dua variabel,yaitu keaktifan guru
dalam kegiatan musyawarah guru mata pelajaran (variabel X) dan kemampuan
guru mengelola proses belajar mengajar (variabel Y). Sedangkan rumusan
masalahnya adalah apakah ada pengaruh keaktifan guru dalam kegiatan
musyawarah guru mata pelajaran terhadap kemampuan guru mengelola proses
belajar mengajar di MTs.NW Lenek 1 Tahun pelajaran 2016/2017.
Subjek dalam penelitian ini adalah guru mata pelajaran yang mengajar di
MTs.NW Lenek 1, sedangkan objeknya adalah pengaruh keaktifan guru dalam
kegiatan musyawarah guru mata pelajaran (MGMP) terhadap kemampuan guru
mengelola proses belajar mengajar di MTs.NW Lenek 1 Tahun pelajaran
2016/2017.populasinya adalah 26 orang guru di MTs.NW Lenek 1,karena
populasinya kurang dari 100 maka penulis mengambil semua sehingga
penelitianya merupakan penelitian populasi. Jadi pengambilan sampel 26 orang.
Petode pengumpulan data yang penulis gunakan pada penelitian ini adalah
wawancara , angket dan dokumentasi.analisis data menggunakan analisis regresi
linier sederhana dengan bantuan program SPSS release 16.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa analisis regresi linier sederhana
diproleh persaman Y= 8.679+0.861 X sehingga Ha di terima,secara parsial. (uji t)
variabel keaktifan guru dalam kegiatan musyawarah guru mata pelajaran (X)
diproleh t hitumg 6,868,sehingga ha diterima, kesimpulan dalam penelitian ini
adalah Keaktifan Guru dalam kegiatan musyawarah guru mata pelajaran (MGMP)
berpengaruh terhadap kemampuan guru mengelola proses belajar mengajar di
MTs.NW Lenek 1 Tahun Pelajaran 2016/2017.