Abstract :
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui metode resitasi dalam
meningkatkan hasil belajar IPS pada siswa kelas VIII MTs Al-Ikhlas Setngkep.
Jenis penelitian ini yang di gunakan berupa Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Ini
dilakukan untuk mengetahui hasil belajar siswa IPS pada pokok bahasan
mengenal Negara-negara ASEAN dengan menggunakan metode resitasi. Subyek
dalam penelitian ini siswa kelas VIII MTs Al-Ikhlas Setungkep yang berjumlah
38 siswa dengan KKM 75. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dalam dua
siklus. Tiap siklus terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan
tindakan, observasi dan evaluasi, refleksi.
Berdasarkan hasil penelitian yang didapatkan persentase hasil observasi
keterlaksanaan pembelajaran oleh guru siklus I sebesar 32% dengan kategori
Kurang Sekali, sedangkan pada siklus II naik menjadi 83% dengan kategori Baik.
Dari hasil observasi aktifitas guru siklus I diperoleh skor rata-rata 53 dengan
kategori Kurang Sekali, sedangkan pada siklus II diperoleh skor rata-rata 78
dengan kategori Baik. Berdasarkan hasil belajar pada siklus I diperoleh sebesar
65% pada siklus II sebesar 100%. Dengan melihat adanya peningkatan hasil
belajar siswa maka dapat disimpulkan bahwa penerapan metode resitasi dapat
meningkatkan hasil belajar IPS pada siswa kelas VIII MTs Al-Ikhlas Setungkep
tahun pelajaran 2018/2019.