Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan SLT dalam
pengajaran kemampuan berbicara untuk kelas delapandi SD SMP SATAP 2
AIKMELpada tahun pelajaran 2017-2018.Pada desain penelitian ini menggunakan
desain penelitian Pre-Experimental. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa
kelasdelapan SD SMP SATAP 2 AIKMEL yang terdiri dari satu kelas.Peneliti
mengambil satu kelas sebagai contoh yang berjumlah 23 siswa di kelas delapan
sebagai kelaskontrol dansebagai kelas eksperimen.Untuk mengumpulkan data
siswa diberikan pre-test sebelum melakukan tretmendan setelah melakukan
tretmen, siswa diberikan post-test. Instrumen penelitian mengunakan tes
lisan.Hasil dari pre-test dan post-test telah digunakan untuk menentukan nilai
skor rata-rata dan skor standar deviasi. Untuk menganalisis data, peneliti
menggunakan paired sample T-test. Analisis data menunjukkan bahwa nilai ratarata dari pre-test siswa adalah 10.78 sedangkan skor rata-rata post-test siswa
adalah 16.06yang berarti bahwa mengajar keterampilanberbicara
denganmenggunakanmetodeSLT dapat meningkatkan keterampilan berbicara
siswa di SD SMP SATAP 2 AIKMELpada tahun pelajaran 2017-2018.Saran
penemuanadalah guru bisamenggunakan SLT
sebagaitehnikberbicaradalammengajardikelassepuluh.