Abstract :
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk membandingkan perbedaan
antara kemampuan siswa laki-laki dan perempuan dalam berbicara. Peneliti
menggunakan penelitian komparatif yang berusaha untuk menyelidiki apakah ada
perbedaan yang signifikan antara kemampuan berbicara bahasa Inggris laki-laki
dan perempuan.
Populasi pencarian ini adalah kelas sebelas Madrasah Aliah Kalijaga di
sekolah tahun 2018/2019, kemudian peneliti mengambil random sampling,
peneliti mengambil siswa laki-laki 10 dan perempuan 10 siswa.
Instrumen penelitian ini adalah tes. Tes dua digunakan untuk mengambil
data kemampuan siswa dalam berbicara, dan peneliti memberikan tes lisan untuk
mengetahui kemampuan berbicara siswa. Peneliti menggunakan analisis statistik
rumus product moment untuk menganalisis data dari kuesioner dan tes.
Hasil dari penelitian ini adalah bahwa skor rata-rata laki-laki adalah 43,1
dan skor perempuan adalah 47,1. Dari hasil tersebut menunjukkan bahwa hasil tes
siswa - siswa perempuan lebih tinggi daripada siswa laki-laki dalam kemampuan
berbicara.