Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk menguji secara empiris pengaruh ROA dan
ROE terhadap nilai perusahaan dengan CSR sebagai variabel pemoderasi pada
perusahaan consumer goods yang terdaftar Di Bursa Efek Indonesia selama lima
tahun periode dari tahun 2013-2017
Penelitian ini merupakan asosiatif dengan bentuk hubungan kausal.
Populasi dalam penelitian ini adalah semua perusahaan consumer goods yang
terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Tahun 2013-2017sebanyak 42 perusahaan.
Pengambilan sampel dalam penelitian ini dengan menggunakan metode purposive
sampling. Berdasarkan kriteria yang telah ditentukan, didapatlah 22 perusahaan
yang dijadikan sample penelitian sehingga jumlah data yang diolah 110.
Berdasarkan hasil analisis data, ROA tidak berpengaruh secara parsial
terhadap nilai perusahaan dengan nilai t hitung sebesar0,706 dan t tabel sebesar
1,98238 dengan tingkat signifikansi sebesar 0,025. Karena t hitung lebih kecil dari
t tabel maka dapat disimpulkan bahwa ROA tidak berpengaruh terhadap nilai
perusahaan. ROE tidak berpengaruh terhadap nilai perusahaan karena nilai t
hitung lebih kecil dari t tabel (0,644<1,98238). Karena t hitung lebih kecil dari t
tabel dapat disimpulkan bahwa ROE tidak berpengaruh terhadap nilai perusahaan.
Interaksi antara ROA dengan CSR (X1.X3) sebesar0,202 artinya CSR
tidak mampu memoderasi pengaruh ROA terhadap nilai perusahaan. Interaksi
antara ROE dengan CSR (X2.X3) sebesar 0,284 artinya CSR tidak mampu
memoderasi pengaruh ROE terhadap nilai perusahaan.