Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kompetensi pedagogik guru dalam
mengimplementasikan kurikulum 2013 di SMK Gunung Rinjani Lombok. Guru
adalah salah satu faktor yang mempengaruhi terciptanya pendidikan yang
berkualitas, oleh karena itu guru harus memiliki empat kompetensi salah satunya
adalah kompetensi pedagogik. Penelitian ini menggunakan metode penelitian
kualitatif. Lokasi penelitian yaitu di SMK Gunung Rinjani Lombok. Teknik dalam
pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan beberapa teknik yaitu: (1)
wawancara (2) angket (3) dokumentasi. Aktivitas dalam analisis data, yaitu data
reduction, data display, dan verivication.
Hasil penelitian menunjukan bahwa kompetensi pedagogik yang meliputi
pemahaman terhadap peserta didik, perencanan pembelajaran, mengevaluasi dan
mengembangkan potensi peserta didik sudah dilaksanakan dengan baik oleh
semua guru di SMK Gunung Rinjani Lombok. Hal ini dibuktikan dengan adanya
pembuatan RPP sebelum mengajar.