DETAIL DOCUMENT
PENGARUH KOMPETENSI KEPRIBADIAN DOSEN TERHADAP MOTIVASI BELAJAR MAHASISWA PRODI PENDIDIKAN AKUNTANSI FKIP UNIVERSITAS GUNUNG RINJANI
Total View This Week2
Institusion
Universitas Gunung Rinjani
Author
Rimawati, Rimawati
Subject
Pendidikan Akuntansi 
Datestamp
2020-04-14 07:37:23 
Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk menguji ada tidaknya pengaruh kompetensi kepribadian dosen terhadap morivasi belajar mahasiswa prodi pendidikan akuntansi FKIP UGR. Populasi dalam penelitian ini adalah semester III, V,VII, dan IX. Sampel yang terpilih adalah semester III dan semester V dengan teknik pengambilan sampel clutser sampling . Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Pengumpulan data menggunakan angket atau koesioner. Analisis data menggunakan analisis regresi linier sederhana dengan bantuan program SPSS 16. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kompetensi kepribadian dosen berpengaruh positif terhadap motivasi belajar mahasiswa. Hal tersebut di buktikan dengan persamaan regresi linier Y= 5,872+0,811X, sehingga Ha di terima. (uji t) variable kompetensi kepribadian dosen (X) di peroleh t_(hitung )= 4,522 > t_(tabel )2,015 sehingga Ha di terima. Dan besarnya pengaruh kompetensi kepribadian dosen terhadap motivasi belajar mahasiswa yang berpedoman pada R square sebesar 0,317 (31,7%), nilai ini mengandung arti bahwa pengaruh kompetensi kepribadian dosen terhadap motivasi belaja cukup tinggi. 

Institution Info

Universitas Gunung Rinjani